Terkait Korupsi Pengesahan APBD; KPK Periksa Mantan Ketua DPRD Jambi 
Foto : jambione.com

Jakarta, HanTer - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa mantan Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014 hingga 2019 terkait kasus dugaan korupsi pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017.

"Para saksi diperiksa terkait dengan dugaan adanya aliran sejumlah uang yang diterima oleh para saksi," kata Plt Juru Bicara KPK bidang Pencegahan Ipi Maryati Kuding di Jakarta, Selasa (16/11/2021)

Ia mengatakan keempat saksi tersebut adalah Cornelis Buston yang merupakan Ketua DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019, kemudian Cekman, Supriyono, Muhamadiyah dan Sufardi Nurzain yang keempatnya merupakan Anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2014-2019.

Para saksi yang diperiksa tersebut diduga menerima sejumlah uang yang diberikan oleh tersangka Apif Firmansyah (AF) dengan tujuan memperlancar proses pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi Tahun 2017.


"Para saksi diperiksa di Lapas Kelas II A Jambi," ujarnya.

Menurut KPK, tersangka AF merupakan orang kepercayaan dan representasi dari Zumi Zola mantan Gubernur Jambi ketika maju menjadi calon Bupati Tanjung Jabung Timur tahun 2010.