Ponsel Gratis dari Sahabat Ganjar untuk Siswa SMKN 1 Balikpapan
Foto : Tergerak untuk meringankan tantangan para pelajar Pulau Borneo, Sahabat Ganjar memberikan bantuan berupa 3 buah ponsel kepada siswa berprestasi yakni Azril XII BPK, M. Zibril CP. XI TAB dan Rahmat Hidayat X TP1, Senin (22/11/2021).

Jakarta, HanTer - Kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) Masih menjadi bagian dari aktivitas belajar mengajar di sekolah saat ini. Tentu saja proses belajar daring ini membutuhkan perangkat elektronik dan jaringan internet yang memadai, sementara masih banyak siswa yang tidak memiliki kelengkapan belajar online. 

Hal ini juga dirasakan oleh sejumlah siswa SMK N 1 Balikpapan yang berlokasi Jl. Marsma R. Iswahyudi, Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

Tergerak untuk meringankan tantangan para pelajar Pulau Borneo, Sahabat Ganjar memberikan bantuan berupa 3 buah ponsel kepada siswa berprestasi yakni Azril XII BPK, M. Zibril CP. XI TAB dan Rahmat Hidayat X TP1, Senin (22/11/2021).

Selama pandemic ini tidakak semua siswa bisa menjalankan proses belajar online dengan mulus. Dibutuhkan perangkat yang memadai dan jaringan internet yang mendukung.

 “Kenyataannya, tak semua siswa memiliki perangkat ponsel yang dapat mendukung kegiatan belajar-mengajar dari rumah. Banyak kisah datang dari berbagai daerah tentang hal ini, maka itu kami mencoba membantu mendukung pendidikan mereka melalui program berbagi ini.”Sebut Michail Agustinus Wangkay, Ketua DPW Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga pemeriksaan kesehatan gratis untuk para siswa dan para guru SMK N 1. Pemeriksaan kesehatan menggunakan metode digital (Digidoc) yakni Rumah Sakit Tanpa Dinding atau yang dikenal dengan sebutan Telemedicine. Dimana siswa dan guru dapat berkonsultasi langsung dengan Dokter yang hasilnya mereka dapatkan melalui aplikasi Digidoc dari sini mereka bisa melihat kondisi kesehatannya.

Setelah melakukan kegiatan acara di SMK N 1, Sahabat Ganjar berlanjut dengan menggelar acara pengajian bersama Ibu-Ibu pengajian Sahabat Ganjar Balikpapan yang diadakan di Mining Coffee, Jl. Jenderal Sudirman, Ruko Bandar, Klandasan Ulu, Kecamatan Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Acara ini dipimpin oleh Ibu Ana Fatmawati selaku perwakilan DPW kaltim.

Lantunan doa bersama ditujukan kepada Bapak Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, agar terus menjadi seorang pemimpin yang memegang amanah dan memberikan hal baik serta membantu para masyarakat khususnya masyarakat Indonesia kedepannya dengan baik.

Dalam acara ini juga dilakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk ibu-ibu yang hadir. Ibu-ibu pengajian dan anggita PKK Balikpapan tampak antusias mengikuti pemeriksaan Kesehatan menggunakan metode digital (Digidoc) ini. Kelompok Ibu-ibu ini tampak penasaran menunggu hasilnya yang bisa mereka dapatkan saat itu juga melalui aplikasi Digidoc. 

Rangkaian acara dilanjutkan dengan pertemuan para Habaib dan Kyai yang berada di Kalimantan Timur. Doa restu terbaik untuk segala visi dan misi Sahabat Ganjar terucap oleh para Habaib dan kyai saat pertemuan berlangsung.

Setelah melakukan acara pertemuan dan pengajian, Sahabat Ganjar berkesempatan untuk berkunjung ke Desa Budaya Pampang yang berada di lokasi Jalan Wisata Budaya Pampang, No.32, RT.03, Kel. Budaya Pampang, Kec. Samarinda Utara, Kalimanta Timur. Desa yang memberikan banyak ilmu tentang suku Dayak, dalam kegiatan ini Sahabat Ganjar memberikan donasi untuk pelestarian rumah adat yang berada di Wisata Budaya Pampang tujuannya tak lain mendorong pariwisata dimasa sulit pandemi yang masih dijalani oleh Negeri kita Indonesia.

Rangkaian kegiatan Sahabat Ganjar di hari Senin (22/11) ini, ditutup dengan aksi larisin pengrajin manik-manik di Jalan Hos Cokro Aminoto, Mesjid, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk wujud peduli Sahabat Ganjar dalam mendorong UMKM yang berada di Kalimantan Timur.

Lain pengrajin manik-manik lain pula pengrajin sarung tenun, Sahabat Ganjar juga mengunjungi UMKM pengrajin sarung tenun yang berada dilokasi Kampung Wisata Tenun, Jl. Pangeran Bendahara Gg. Pertenunan No.12, RT.02, Baqa, Kec. Samarinda Seberang, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Bantuan berupa tambahan modal juga diberikan kepada pemilik UMKM sarung tenun demi membangun dan meningkatkan potensi suatu kawasan yang memiliki produk unggulan berorientasi manca Negara.

Indah Ch, selaku Humas DPP Sahabat Ganjar mengatakan, “Rangkaian hari ini lumayan padat dan alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, saya tak bosan-bosan mengucapkan apa yang relawan Sahabat Ganjar lakukan ini adalah bentuk rasa peduli kita kepada saudara saudara kita di Indonesia karena Pak Ganjar selalu memberikan contoh pada kami dalam mendorong UMKM di Indonesia agar tetap maju.” Pungkasnya.

Seluruh rangkaian acara pada hari ini, Sahabat Ganjar selalu melakukan protokol kesehatan yang ketat yaitu dengan menjaga jarak, mencuci tangan dan menggunakan masker dimanapun berada guna mempersempit luasan penyebaran virus Covid-19.