Digelar 2 Desember di Patung Kuda Jakarta, Tujuh Juta Massa Akan Hadiri Reuni 212
Foto : Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin

Jakarta, HanTer— Gelaran Reuni Aksi 212 akan digelar pada 2 Desember 2021 mendatang. Reuni yang dipusatkan di kawasan Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat itu, diperkirakan akan dihadiri 7 juta orang dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kalau tidak ada hambatan dan penyekatan di jalan dari daerah untuk masuk Jakarta, reuni diperkirakan akan dihadiri kurang lebih 7 juta orang,” kata Wasekjen PA 212, Novel Bamukmin kepada Harian Terbit, Selasa (23/11/2021).

Novel mengaku belum bisa memberitahu bentuk acara Reuni 212 tersebut. Juga tuntutan apa yang akan disampaikan. “Panitia masih proses perizinan, soal bentuk acara nanti akan disampaikan secara resmi,” papar Novel.

Sementara itu, Panitia Reuni Aksi 212, Eka Jaya menjelaskan bahwa rencana Reuni 212 tetap berbentuk format menggelar aksi massa. Ia mengklaim kegiatan itu dimungkinkan karena DKI Jakarta sudah memasuki level 1 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam mencegah virus corona (Covid-19).

Eka tak menjelaskan secara rinci berapa estimasi massa yang akan hadir dalam agenda tersebut. Ia memprediksi bahwa sekitar jutaan. "Kan sudah level 1, sudah banyak juga yang melakukan aktifitas bersama di mana-mana," ujarnya dilansir CNNIndonesia.

Di sisi lain, Eka juga mengklaim pihaknya sudah melayangkan pemberitahuan atau izin menggelar acara Reuni Aksi 212 ke pihak berwenang. Ia juga mengimbau para peserta yang hendak hadir wajib mematuhi protokol kesehatan yang ketat.