Polisi Periksa 7 Pengibar Bendera Bintang Kejora di Jayapura Papua
Foto : Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA - Polda Papua menangkap tujuh orang pengibar bendera Bintang Kejora yang diidentikkan dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) di pelataran GOR Cenderawasih, Jayapura. 

Memang benar saat ini ada tujuh orang yang diamankan di Mapolda Papua," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani, dilaporkan Antara, Rabu (1/12/2021). 

Ketujuh orang yang ditangkap itu adalah Devio Tekege, Ernest Matuan, Luis Sitok, Maksi You, Ambros Matuan, Malvin Yobe, dan Zode Hilapok. Mereka tengah menjalani pemeriksaan polisi. 

Ketujuh orang itu mengibarkan bendera tersebut lalu menurunkannya 30 menit kemudian. 

Sementara itu, Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan pengibaran bendera Bintang Kejora terjadi di markas kelompok sipil bersenjata (KSB) di Kampung Bulapa, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. "Pengibaran hanya dilakukan di markas KSB di Bulapa, dan di wilayah lainnya hingga kini belum ada laporan," katanya. 

Pengibaran bendera itu, katanya, sering dilakukan di sana namun "prajurit tidak mengambil tindakan karena itu memang markas KSB". 

Dia mengklaim, secara keseluruhan wilayah Papua dalam kondisi aman. (*/yp)