Tangerang, HanTer – Banyak cara dilakukan pemerintah guna menekan angka positif Covid-19 jelang akhir tahun dan pergantian tahun.

Seperti Dinas Kesehatan yang akan melaksanakan skrining Covid-19 di pusat keramaian termasuk mengejar target capaian vaksinasi sebagai bentuk antisipasi lonjakan kasus jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.

"Pada intinya jika ada kasus baru, maka kita langsung lakukan tracing di lokasi tersebut dan menerapkan 3T. Kita imbau kepada masyarakat untuk selalu disiplin menjalankan protokol kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan dr Dini, Rabu (1/12/2021).

Selain itu, Dini juga mengimbau kepada masyarakat yang memiliki gejala Covid-19 untuk  melaksanakan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat guna mitigasi dini dalam antisipasi penyebaran.

"Pokoknya kita bersama-sama cegah penyebaran Covid-19 dengan tetap disiplin protokol kesehatan, Jika ada gejala segera periksa agar dapat diantisipasi," katanya.

Kendati kasus Covid-19 di Kota Tangerang saat ini mengalami penurunan namun kegiatan skrining Covid-19 tetap dijalankan petugas kesehatan secara random.

Seperti diketahui, kasus Covid-19 di Kota Tangerang per 30 November 2021 pukul 12.00 WIB ada 29.648 kasus dengan rincian konfirmasi dirawat ada 18 orang, konfirmasi sembuh ada 29.138 orang dan yang meninggal dunia ada 492 orang.

Sedangkan, peraturan penerapan protokol kesehatan jelang Natal dan Tahun Baru 2022 sedang disiapkan dan akan disosialisasikan kepada masyarakat. Terlebih sudah ada imbauan dari pemerintah pusat untuk pembatasan aktifitas masyarakat jelang libur Natal dan Tahun Baru 2022.