Ganjar Berkomitmen Sediakan Ruang Bagi Hobi Anak Muda Demi Ubah Masa Depan
Foto : Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jateng, HanTer - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkomitmen untuk menyediakan ruang bagi anak muda mengembangkan hobinya. Dia meyakini anak muda Indonesia mampu mengubah zaman menjadi jauh lebih baik.

“Tugas saya dan orang tua mendorong tut wuri handayani, memberi ruang dan dukungan fasilitas agar hobi dan interest teman-teman terwadahi, tersalurkan,” ujar Ganjar lewat Twitter, Kamis (2/12/2021).

Ganjar menyampaikan hobi dan cita-cita generasi anak muda saat memang keren-keren. Dia mengaku hal itu tidak pernah terbayang oleh generasi sebelumnya. 

“Sekarang, hobi makan, jalan-jalan, ngegame, bahkan hobi ngomong aja bisa menghasilkan uang. Ada juga yang semula hobi sekarang jadi pecinta mati, seperti para pecinta K-POP dan drama Korea,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ganjar menyampaikan banyak anak muda yang dianggap tidak punya pekerjaan namun bisa beli kendaraan hingga liburan ke luar negeri. Dia berkelakar anak muda seperti itu bahkan bisa dituding memelihara tuyul oleh orang yang tidak mengikuti perkembangan  zaman saat ini di mana uang tidak lagi didapat dengan bekerja ke kantor.

“Padahal dia itu mungkin jago desain, jago ngedit video, penulis konten. Ada juga content creator, selebgram, gamers, influencer, mungkin YouTuber atau trader yang gajinya tidak lagi rupiah, bahkan dollar. Itu adalah ruang-ruang penghasil banyak yang tidak pernah terpikirkan oleh generasi saya,” ujar Ganjar.

Di sisi lain, Ganjar menyampaikan setiap zaman memiliki kebutuhan dan tantangan yang berbeda. Misalnya, orang seusianya tidak mampu lagi membuat game atau aplikasi. Selain itu, dia mengaku sudah tidak memiliki waktu untuk belajar coding dan menciptakan program yang bisa mengubah zaman.

“Yang bisa ya saya kira anak-anak. Anak-anak saya, anak-anak Anda. Semua generasi baru ini,” pungkasnya.