Erick Segera Selamatkan Krakatau Steel Dari Kebangkrutan
Foto : Menteri BUMN Erick Thohir

Jakarta, HanTer - Direktur Rumah Politik Indonesia, Fernando EMaS meminta Menteri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir untuk segera mengambil langkah yang cepat dan tepat untuk menyelamatkan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk yang terancam bangkrut. 

Kemungkinan dapat terjadi bangkrut atas perusahaan baja pelat merah tersebut disampaikan Erick Thohir pada saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (2/12/2021).

"Erick harus mengambil langkah dan keputusan untuk menyelamatkan Krakatau Steel, termasuk perombakan terhadap manajemennya saat ini," ujar Fernando di Jakarta, Jumat (3/12/2021).

Fernando menegaskan, dengan Erick mengambil langkah yang cepat dan tepat maka perusahaan baja milik negara tersebut diharapkan kembali berjaya yang memberikan keuntungan bagi Negara. Oleh karena itu Erick Thohir sebaiknya meminta segera pihak penegak hukum untuk mendalami temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas adanya indikasi korupsi di PT Krakatau Steel.

"Jangan sampai terlambat melakukan penyelamatan terhadap Krakatau Steel sehingga kejayaan yang pernah diraih jadi hanya tinggal kenangan," paparnya.

Dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI, Kamis (2/12/2021), Menteri BUMN, Erick Thohir mengungkapkan kemungkinan bangkrutnya PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam waktu dekat ini. Kebangkrutan tersebut bisa saja terjadi jika langkah-langkah restrukturisasi yang diambil Kementerian BUMN untuk menyelasaikan masalah Krakatau Steel gagal menemui hasil.

"Untuk Krakatau Steel ini memang ada tiga langkah, problemnya langkah ketiga ini macet. Kemudian ada juga negosiasi dengan POSCO, belum terjadi, tapi memang satunya yang sekarang ini krusial. Kalau ketiga gagal, kedua gagal, dan pertama gagal maka Desember ini (Krakatau Steel) bisa default," kata Erick.