Dari Kepala BNPT sampai Bupati Diminta Gerak Cepat Tangani Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru
Foto : Letusan Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur. (ist)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta penanganan pasca erupsi Gunung Semeru dilakukan dengan cepat. 

Perintah itu ditujukan untuk Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Menteri Sosial, Menteri Kesehatan, Menteri PUPR, Panglima TNI, Kapolri, serta gubernur dan bupati.

"Bapak presiden sudah memerintahkan untuk segera melakukan tindakan secepat mungkin, melakukan langkah-langkah tanggap darurat, mencari dan menemukan korban, memberikan perawatan kepada korban luka-luka dan melakukan penanganan dampak bencana," ujar Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, dalam konferensi pers, Minggu (5/12/2021). 


Bapak presiden juga memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan, penyediaan logisgik kebutuhan dasar pengungsi, serta perbaikan infrastruktur dapat diselesaikan dalam waktu yang sangat sangat singkat," sambungnya. 

Masyarakat diimbau untuk mematuhi pengarahan petugas. Juga meningkatkan kewaspadaan karena letak Indonesia yang rawan aktivitas gunung berapi. 

"Kepada kepala daerah dan pejabat pemerintah untuk selalu waspada dan mengajak masyarakat untuk selalu siaga dan waspada, saling bekerja sama untuk mengantisipasi datangnya bencana semacam ini," katanya. (*/yp)