Jakarta, HanTer – Akhirnya Yayasan Puteri Indonesia (YPI) mengumumkan pihaknya tidak dapat mengirim perwakilan Indonesia di kontes kecantikan Miss Universe yang akan digelar di Israel pada 12 Desember mendatang.

“Dengan berat hati, kami ingin menginformasikan bahwa kami tidak dapat berpartisipasi dalam Miss Universe ke-70,” kata YPI, baru-baru ini.

YPI mengatakan waktu persiapan yang singkat serta pembatasan aktivitas selama pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan pihaknya tidak mengirimkan Puteri Indonesia di kontes kecantikan internasional itu.

Selain itu, YPI menyebutkan saat ini pihaknya tengah melakukan proses seleksi kandidat Puteri Indonesia di sejumlah provinsi. “Kami berharap dapat berpartisipasi lagi di Miss Universe edisi tahun depan,” katanya.

Sebagai informasi, kontes Miss Universe kali ini tengah menjadi sorotan karena diadakan di Israel di tengah seruan boikot terhadap negara tersebut atas perlakuannya terhadap Palestina.

Selain Indonesia, Malaysia dan Afrika telah lebih dulu mengumumkan tidak akan mengirim perwakilannya di ajang tersebut. Negara-negara lain seperti Barbados, Belize, Myanmar, dan Uruguay juga dikabarkan tidak berpartisipasi di Miss Universe mendatang.