Kehebatan Kapal Rudal Cepat yang Diresmikan Prabowo
Foto : KCR Kapak 625, Surabaya. (instagram prabowo)

JAKARTA - Wilayah maritim Indonesia bakal makin aman. Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, meluncurkan kapal cepat rudal (KCR) 60 M yang ke-5 buatan PT PAL.

“Tanpa kekuatan maritim yang kuat, tidak mungkin negara kita kuat. Dengan juga ditopang dengan industri pertahanan yang kuat agar kita menjadi negara yang mandiri", ujar Prabowo dikutip Senin (6/12/2021). 

Ia menyebut kapal KCR itu memiliki kemampuan. manuver yang lincah. Ini membuatnya sanggup mengejar kapal-kapal asing yang melanggar wilayah teritorial laut Republik Indonesia.

KRI bernomor lambung 625 itu diluncurkan Prabowo bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan pimpinan PT PAL Indonesia, Minggu 5 Desember 2021 di Surabaya bertepatan dengan Hari Armada RI.

KCR itu memiliki panjang keseluruhan 60 meter dengan lebar 8,10 meter dan tinggi 4,85 meter dan mampu membawa muatan penuh 450 sampai dengan 500 ton. 

KCR-60M kelima telah dilengkapi dengan sistem persenjataan yang mampu mendeteksi sasaran/target baik di udara, permukaan dan bawah laut. 

KCR 60M kelima dilengkapi sistem persenjataan (Main Gun) Bofors MK3 kaliber 57 mm , Shipborne gun 20 mm, dan rudal anti kapal Exocet 40MM B3. 

Juga, memiliki kemampuan patroli dengan jarak tempuh dan kecepatan jelajah mumpuni untuk menjaga laut territorial Indonesia yang luas pada kondisi Sea State 6. Belum lagi kemampuan pengoperasian senjata pada pengoperasian senjata pada Sea State 4. 

Nantinya KCR-60M kelima direncanakan bergabung dan memperkuat kapal perang RI yang akan bertugas di Satuan Kapal Cepat Koarmada III. (*/yp)