Jakarta, HanTer - Percaya atau tidak, hal paling ditakutkan wanita adalah kalau punya kulit keriput. Baik kulit lengan, tubuh maupun di sekitar mata karean dianggap sebagai tanda penuaan. Nah, di banyak kasus, bibir adalah area yang paling pertama menunjukkan tanda penuaan.

Dikutip dari Times of India, bibir adalah area yang tidak boleh diremehkan, penuaan dini dan menipisnya bibir, akan membuat seseorang terlihat lebih tua dari usia biologis. Berikut alasannya:

Penipisan kolagen di bibir
Kolagen merupakan blok yang membangun kulit. Pikirkan kalau kolagen ini adalah perisai yang melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan. Jadi, kolagen bertindak sebagai salah satu elemen penting dalam menentukan kesehatan bibir karena kolagen memberikan dasar bagi elastin dan asam hyaluronic untuk membentuk dan memberikan volume bibir. Hilangnya kolagen bisa menyebabkan menurunnya volume dan elastisitas bibir. Akibatnya, lipatan dan garis halus mulai muncul di sekitar bibir, tanda paling menonjol dari penuaan.

Paparan sinar matahari
Karena bibir sangat lembut, bibir sangat rentan terhadap bahaya sinar ultraviolet dari matahari.

Merokok
Rokok sudah banyak diketahui sangat merusak kesehatan. Seperti kesehatan di dalam, rokok juga bisa merusak bibir tanpa bisa diperbaiki. Racun dalam rokok bisa menyebabkan munculnya garis halus yang parah dan keriput yang dalam di sekitar mulut.

Kurang pelembab
Kulit di bibir, dengan 3-5 lapisan sel, sangat tipis dibandingkan dengan kulit wajah yang punya hingga 16 lapisan. Kulit bibir memiliki stratum corneum yang sangat tipis dan karena itu sangat lembut dan lebih rentan. Menjaga bibir tetap terhidrasi dan lembab sangat penting dilakukan.

Sering menjilat bibir
Kita cenderung menjilat bibir ketika terasa kering agar bisa lebih lembab, tapi sebenarnya kebiasaan ini justru membuat bibir kering. Air liur mengandung asam yang memecah makanan, dan juga dapat mengiritasi bibir Anda. Ditambah lagi, sering menjilat bibir akan menghilangkan minyak alami bibir.