Survei Poligov: 72,2 Persen Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi-Maruf
Foto : Presiden Jokowi menjajal sirkuit Mandalika

Jakarta, HanTer - Lembaga survei Poligov merilis hasil survei terbarunya. Direktur Eksekutif Poligov Muhammad Tri Andika dalam hasil survey yang dilakukan pada periode 22-28 November, menyatakan bahwa 55 persen responden menyatakan cukup puas dan 17,2 persen menyatakan sangat puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Maruf. Artinya jika digabungkan, maka 72 persen responden puas dengan kinerja Jokowi-Maruf. 

Tri Andika menyatakan hasil survei ini menunjukan peningkatan sebesar 11 persen dari survei sebelumnya.

"Pada Agustus 2021, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah sebesar 61 persen dan pada November ini mencapai 72 persen," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (8/12).

Menurutnya, ada dua hal yang mendorong peningkatan ini, pertama adalah kondisi ekonomi yang sudah mulai pulih, terutama momen PON di Papua dan helatan motor GP di mandalika, yang dinilai telah menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk bergerak normal kembali. Dan kedua adalah  mulai aktifnya Presiden Jokowi yang secara langsung merespon isu-isu di masyarakat melalui kunjungan daerah.

"Selain itu, program vaksinasi yang semakin mudah diakses masyarakat juga menjadi faktor penting meningkatnya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Jokowi-Maruf," kata Tri Andika.

Kemudian dari hasil survei, lanjutnya, hanya 20 persen yang menyatakan tidak puas, dan 5 persen yang mengungkapkan sangat tidak puas.

Poligov melakukan survei terhadap 1.225 responden pada 22-28 November 2021 dengan metode multistage random sampling. Tingkat toleransi kesalahan (margin of error) dalam survei ini sebesar 3% dengan tingkat kepercayaan 95%.