Gandeng Anies di Pilpres 2024, Pengamat Nilai Pilihan NasDem Realistis
Foto :

Jakarta, HanTer - Manuver Ketua Umum NasDem Surya Paloh yang mendekati Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk figur calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024 dinilai realistis.

Pengamat dari Indonesia Political Opinion (IPO) Catur Nugroho menilai, pendekatan Nasdem kepada Anies Baswedan cukup jelas untuk Pilpres 2024.

"Saya rasa cukup realistis bagi NasDem dan Surya Paloh jika memilih Anies Baswedan untuk diusung pada Pilpres 2024," ucap Catur di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Dia menjelaskan, jika popularitas dan elektabilitas Anies Baswedan menjadi bola liar karena bisa diperebutkan partai politik. Adapun Nasdem memanfaatkan kedekatan antara Surya Paloh dan Anies Baswedan.

"Kondisi itu bisa membantu NasDem dalam Pemilihan Legislatif (Pileg, red) nanti," terangnya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, NasDem bisa lebih unggul jika berhasil menemukan pasangan yang tepat untuk Mantan Mendikbud tersebut dan bahkan, bisa menjadi modal yang kuat untuk pertarungan Pilpres 2024.

"NasDem mampu mendapatkan pasangan yang pas untuk Anies dengan berkoalisi dengan Partai besar," ujarnya.

Pilih Anies

Sementara itu, Pengamat Politik Tony Rosyid menyebut pilihan Surya Paloh terkait tokoh mana yang akan didukung dan diusung sudah mulai terbaca. Berdasarkan sejumlah pernyataan yang disampaikan Surya Paloh, Tony menilai Surya paloh akan memilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon yang akan didukung.

"Dalam sejumlah pernyataannya, Surya Paloh ini sepertinya akan memberikan dukungannya ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," ujar Tony Rosyid di Jakarta, Selasa (7/12/2021).

Lebih lanjut Tony menyebut bahwa Surya Paloh sudah memiliki pertimbangan matang untuk Pilpres 2024 mendatang.

"Seorang politisi yang cermat membaca arah politik dan seringkali membuat langkah cepat untuk menentukan pilihan," terangnya.

Tony lantas mencontohkan ucapannya dengan Pilgub Jawa Barat beberapa waktu lalu. Pada saat itu jauh-jauh hari NasDem sudah menyampaikan dukungan kepada Ridwan Kamil.

Ia juga menyebut saat itu banyak partai lain belum menentukan arah dukungan, namun Surya Paloh dan NasDem sudah selangkah lebih maju.

"Banyak pihak lain yang bahkan belum menentukan jadwal istikharah. NasDem malah sudah memberikan dukungan," pungkasnya.