Resmikan Bandara Tebelian Sintang, Jokowi: Sentra-sentra Ekonomi Baru akan Tumbuh
Foto : Presiden Joko Widodo meresmikan Bandara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat. (youtube sekretariat presiden)

SINTANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Tebelian di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). 

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim Bandara Tebelian Sintang Provinsi Kalimantan Barat pagi hari ini saya resmikan," ucapnya dalam peresmian yang juga ditayangkan di kanal Sekretariat Presiden di YouTube. 

"Alhamdulillah. Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan," sambungnya. 

Presiden kemudian menyampaikan alasan pembangunan bandara senilai Rp518 miliar yang bisa melayani 75 ribu penumpang per tahun tersebut. 

"Bandara ini sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani arus pergerakan orang yang semakin ramai," katanya. 

Kepala Negara menilai di era kompetensi antarnegara yang semakin ketat maka Indonesia juga harus bergerak lebih cepat untuk bisa bersaing dengan negara lain. 

"Kita harus mampu membuat konektivitas antarpropvinsi, antardaerah, antarkabupaten,   makin mudah dan lancar. Terjangkau oleh masyarakat sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh makin banyak di berbagai daerah," ujarnya. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut Bandara Tebelian di bangun di lahan 153,6 hektar.  Lagan itu merupakan hibah dihibahkan Pemkab Sintang kepada Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan. (*/yp)