Lifter Uganda Kabur dari Hotel Tim dan Tak Mau Kembali ke Negaranya, Katanya Mau Kerja Aja di Jepang
Foto : Lifter Uganda Julius Ssekitoleko

Jakarta, HanTer - Seorang atlet Uganda yang melarikan diri selama pelatihan pra-Olimpiade di Jepang barat pada pekan lalu telah ditemukan dan sedang diwawancarai oleh polisi, kata para pejabat Selasa (20/7/2021).

Polisi prefektur Mie di Jepang tengah mengatakan bahwa atlet angkat besi berusia 20 tahun bernama Julius Ssekitoleko berada di kota Yokkaichi, 170 kilometer (105 mil) dari Tokyo.

Polisi bertanya kepadanya apa yang terjadi sejak dia melarikan diri dari hotelnya di Izumisano di prefektur Osaka pada hari Jumat lalu dengan hanya meninggalkan catatan yang mengatakan dia tidak ingin kembali ke negaranya. "Ssekitoleko meninggalkan barang bawaannya dan sebuah catatan yang mengatakan dia ingin tinggal di Jepang dan bekerja," kata pejabat Izumisano.

Seperti diketahui, dia tidak memenuhi standar Olimpiade dalam peringkat internasional terbaru yang dirilis, setelah dia tiba di Jepang dan akan kembali ke rumahnya di Uganda pada pekan ini.

Setibanya mereka pada 19 Juni lalu di Bandara Internasional Narita, seorang anggota tim dinyatakan positif dan dikarantina, sementara delapan anggota lainnya diizinkan melakukan perjalanan lebih dari 500 kilometer (300 mil) dengan bus sewaan ke Izumisano.

Beberapa hari kemudian, anggota kedua tim dinyatakan positif, memaksa tujuh pejabat kota dan pengemudi yang memiliki kontak dekat dengan tim untuk mengasingkan diri. Pejabat kesehatan mengatakan kedua orang Uganda yang terinfeksi memiliki varian delta, yang diyakini lebih menular.

Tim, yang mengakhiri isolasi dan berlatih mulai 7 Juli, menuju ke desa Olimpiade Tokyo pada Selasa tanpa Ssekitoleko.