Menpora Akan Sambut Kedatangan Peraih Medali Olimpiade Eko Yuli dan Windy Cantika di Bandara Soetta Malam Ini
Foto : Menpora Zainudin Amali saat menyambangi pelatnas angkat besi dan bertemu dengan Eko Yuli sebelum pandemi

Jakarta, HanTer - Menpora Zainudin Amali akan menyambut kedatangan peraih medali perak cabang olahraga angkat besi, Eko Yuli Irawan dan Windy Cantika Aisah yang meraih perunggu Olimpiade 2020 Tokyo.

Eko dan Windy Cantika yang masuk dalam rombongan pertama Kontingen Indonesia yang kembali ke Tanah Air dijadwalkan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, pada Kamis (29/7/2021) malam.

"Saya akan menyambut kedatangan Eko, Windy dan rombongan pertama Kontingen Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta," kata Zainudin Amali saat menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Jokowi melalui video call kepada Rahmat Erwin Abdullah usai meraih medali perunggu kelas 73kg putra Olimpiade, Rabu (28/7/2021) lalu.

Dalam pembicaraan itu, Rahmat juga menyampaikan dirinya bersama pelatih sekaligus ayahnya, Erwin Abdullah dan rombongan lain dijadwalkan akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 4 Agustus 2021.

Bersama Eko dan Windy, lima atlet lain juga meninggalkan Tokyo, yaitu Deni, Mutiara Putri, Melanie Putri, Azzahra Permatahani, dan Rio Waida, yang didampingi oleh ofisial dari masing-masing cabang olahraga.

Sebelum meninggalkan Tokyo, rombongan yang terdiri dari 13 orang ini dilepas oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang dan Republik Mikronesia, Heri Ahmadi, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, dan Chef de Mission Rosan P. Roeslani.

Dalam kesempatan ini, Chef de Mission menyampaikan laporan kegiatan selama mengikuti Olimpiade kepada Duta Besar dan mengucapkan apresiasi atas semua bantuan yang diberikan.

“Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan bantuan yang diberikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo kepada Tim Indonesia sejak kami datang hingga saat ini. Rombongan pertama Tim Indonesia akan kembali ke tanah air dan kelancaran segala urusan kami di sini tidak lepas dari peran Pak Dubes dan seluruh staf KBRI Tokyo,” ujar Rosan.

Dalam kesempatan tersebut, Duta Besar Heri Akhmadi memberikan penghargaan kepada dua peraih medali, Eko dan Windy, berupa tiket Garuda Indonesia Jakarta – Tokyo p.p yang berlaku  selama setahun. Selain itu, atlet lain juga mendapatkan cendera mata dari KBRI.

“Kami ingin mengundang para peraih medali untuk kembali ke Tokyo. Untuk itu, kami menyediakan tiket Jakarta – Tokyo yang diberikan oleh Garuda Indonesia dan BNI. Kami berharap bisa bertemu lagi dengan kalian,” ujar Duta Besar Heri Akhmadi.