Menpora Janjikan Hadiah Bagi Kontingen saat Sambut Kedatangan Kloter Pertama
Foto : Menpora Zainudin Amali

Tangerang, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berjanji akan memberikan hadiah khusus kepada seluruh kontingen yang telah berjuang di Olimpiade Tokyo 2020. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah, baik terhadap atlet maupun pelatih dan juga offisial selaku suksesor dibalik layar.

Mengenai hadiah yang dimaksud, Menpora Amali belum merinci penghargaaan yang akan diberikan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah. Bisa jadi uang pembinaan atau berbentuk lainnya, seperti piagam penghargaan. Namun ia pun masih merahasiakan penghargaan tersebut sebagai apresiasi.

"Semua (atlet -red) yang sudah berangkat pasti ada apresiasi dari pemerintah. Bentuknya seperti apa? itu nanti akan kami umumkan,” kata Zainudin Amali saat menyambut kedatangan kloter pertama kontingen Indonesia yang mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (29/7/2021) malam.

“Pasti ada, tentu perbedaannya hanya di perolehan saja. Tapi saya memastikan bahwa seluruh yang berangkat dan bertanding di Tokyo, baik atlet maupun pelatih pasti ada apresiasi dari pemerintah,” ujarnya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Amali juga menyampaikan terima kasih kepada para atlet yang telah berjuang mewakili Merah Putih pada pesta olahraga empat tahunan terakbar sejagad tersebut. Meski belum mampu menyumbangkan medali, menurutnya, para atlet telah melakukan yang terbaik dan pantas disebut sebagai pahlawan olahraga nasional.

"Kepada para atlet yang belum berhasil jangan putus asa. Kalian tetap pahlawan olahraga Indonesia. Kami berterima kasih kepada perjuangan kalian yang sudah berangkat ke Tokyo dan tetap semangat. Jadi jangan berkecil hati dan jangan kecewa karena itu semua sudah selesai," katanya.

Lebih lanjut, ia berpesan agar para atlet untuk kembali mempersiapkan diri menghadapi berbagai kejuaraan single event dan multi event yang akan datang, termasuk babak kualifikasi menuju Olimpiade Paris 2024.

"Mereka tidak akan istirahat terlalu lama karena kualifikasi Olimpiade Paris akan segera dimulai. Jadi sekarang kita tatap masa depan dan mulai lagi dengan semangat baru untuk multievent dan single event mendatang," jelasnya.

Sebagaimana diketahui, rombongan pertama tim Indonesia Olimpiade Tokyo yang terdiri dari tujuh atlet sudah tiba di Tanah Air, Kamis malam. Tujuh atlet tersebut, yaitu Eko Yuli Irawan, Windy Cantika Aisah, Deni dari cabang angkat besi, Mutiara Putri dan Melani Putri (dayung), Azzahra Permatahani (renang) dan Rio Waida (surfing).

Sesuai aturan pemerintah Indonesia tentang protokol kesehatan perjalanan internasional, para atlet tersebut diharuskan menjalani karantina terlebih dahulu selama delapan hari.