Lawan Pemain Guetamala, Ginting Siap Rebut Perunggu
Foto : Anthony Ginting

Harapan mendapatkan emas dari cabang bulutangkis tunggal putra pada Olimpiade Tokyo 2020 melalui Anthony Sinisuka Ginting melayang.  Ginting dikalahkan Chen Long dengan dua game langsung 16-21, 11-21 di Musashino Forest Sports Plaza, Minggu (1/8/2021).

Game pertama, Anthony lambat panas hingga sempat tertinggal tetapi bisa menyamakan pada kedudukan 5-5. Tetapi Chen Long sukses merebut lima angka beruntun menjadi 5-10 dan akhirnya menuntaskan interval pertama dengan 6-11.

Ginting sempat menekan  namun pertahanan solid yang diperagakan pebulu tangkis China membuat Anthony sulit menambah poin hinggatertinggal enam angka (7-13). Anthony Ginting berusaha untuk menjaga ketenangan dan mengurangi kesalahan sendiri dan ia akhirnya berhasil menyicil poin menjadi 14-17.

Ketika Anthony berusaha mengejar ketertinggalan, Chen Long justru mampu memberikan perlawanan sengit dan akhirnya menutup game pertama dengan 16-21. Di game kedua, permainan Anthony tidak mengalami perubahan.

Sayangnya Anthony Ginting kerap melakukan beberapa kesalahan, sehingga memudahkan Chen Long untuk merebut setiap poinnya hingga menang pada laga set pertama dengan kedudukan 16-21 

Di awal set kedua, Anthony tertinggal empat angka atau 2-6. Namun pebulu tangkis berusia 24 tahun itu mampu merebut empat angka secara beruntun dan menyamakan kedudukan menjadi 6-6.

Saat kondisi imbanhg Anthony lagi-lagi banyak melakukan kesalahan. Sehingga membuat Chen Long kembali unggul dalam perolehan poin sekaligus menuntaskan interval kedua 6-11.

Tertinggal lima angka membuat Anthony semakin berada di bawah tekanan. Smash menyilang yang menjadi senjata utamanya tidak berjalan mulus di pertandingan ini.

Anthony pun harus menyerah dengan skor 11-21. Meskipun langkah terhenti di semifinal, Anthony masih berpeluang untuk membawa pulang medali perunggu ke Tanah Air melawan Kevin Cordon asal Guatemala yang kalah dari Viktor Axelsen.

Saat wawancara dengan wartawan Anthony Ginting mengakui lawannya bermain bagus dan dirinya banyak melakukan kesalahan. "Lawan lebih bagus dan sudah, ini masih ada waktu sehari untuk persiapan besok, setelah itu kita evaluasi dengan pelatih," katanya
(us)