Butuh Dukungan Semua Pihak Guna Mempertahankan Prestasi Paralimpiade
Foto : Paralimpian Indoneisa perah medali di Paralimpiade Tokyo 2020

Jakarta, HanTer - TIm Merah Putih meraih dua medali emas pada Paralimpiade Tokyo 2020. Prestasi itu merupakan sebuah kebanggan yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, kedepannya dibutuhkan dukungan dari semua pihak supaya prestasi ini minimal bisa dipertahankan atau ditingkatkan lagi.

Medali emas terakhir sekaligus medali penutup bagi Indonesia di ajang Paralimpiade 2020 disumbangkan oleh Leani Ratri Oktila/Hari Susanto dari ganda campuran para bulu tangkis SL3-SU5.  

Torehan itu sekaligus melampaui target awal yakni hanya merebut satu medali emas. Menanggapi keberhasilan luar biasa ini, Duta Besar Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi memuji perjuangan Ratri dkk.

“Saya mengapresiasi medali emas kedua Indonesia yang disumbangkan oleh Ratri dan Hari. Terutama bagi Ratri yang mampu meraih dua medali emas,” puji Heri Akhmadi.

“Sebagai atlet, ajang Paralimpiade ini sebagai arena pembuktian diri bagi Ratri. Saya menilai apa yang diraih Ratri merupakan prestasi atlet Indonesia yang luar biasa dimana dalam event sebesar Paralimpiade ia mampu meraih dua medali emas dan satu perak,” tambah Heri.

Heri Akhmadi meminta dukungan semua pihak untuk menjaga atau meningkatkan prestasi atlet yang telah diraih selama ini. Heri menjadi saksi di pinggir lapangan di Yoyogi National Stadium, atas perjuangan dan keberhasilan atlet Indonesia meraih medali.

“Kedepannya atlet kita ini harus dijaga sebaik-baiknya dengan dukungan tidak hanya dari federasi dalam hal ini NPC Indonesia tetapi juga oleh pemerintah dan kalangan pengusaha serta dunia pendidikan supaya prestasi ini bisa dipertahankan,” harap Heri Akhmadi.

Sementara itu ucapan syukur tak henti-hentinya dipanjatkan oleh Ketua National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Senny Marbun.

“Puji Tuhan, terima kasih kepada Tuhan. Luar biasa, kami sangat senang karena ini merupakan kesempatan yang luar biasa. Kami bisa meraih prestasi yang spektakuker di Jepang,” ucap Senny.

Pada Paralimpiade Tokyo 2020, Indonesia mengumpulkan total sembilan medali dengan rincian dua emas, tiga perak dan empat perunggu.

Daftar Medali Indonesia di Paralimpiade Tokyo 2020:
Medali Emas :

Ratri/Alim ( Para Bulutangkis )
Ratri/Hari ( Para Bulutangkis )

Medali Perak :
Widi ( Para Angkat berat )
Dheva ( Para Bulutangkis )
Ratri ( Para Bulutangkis )

Medali Perunggu :
Sapto Yogo ( Para Atletik )
Suryo ( Para Bulutangkis )
Fredy ( Para Bulutangkis )
David ( Para Tenis Meja )