Round Girl Tinju PON XX Papua 2021 akan Mengenakan Pakaian Tradisional
Foto : Penataran bagi round girl tinju pada PON XX Papua 2021

Jakarta, HanTer - Jika menyaksikan setiap pertandingan tinju profesional di Las Vegas, Amerika Serikat atau pun di belahan dunia lain, maka penonton bakal terpukau dengan kehadiran round girls atau gadis pembawa papan ronde yang berlenggak-lenggok di atas ring dengan berbusana eksotis.

Namun di arena PON XX Papua 2021 ini, penonton dan hadirin juga bakal menyaksikan penampilan round girls, namun dengan mengenakan pakaian tradisional dari Papua.

Demikian disampaikan Koordinator Pertandingan, Perwasitan dan Penanggungjawab Disiplin Cabor Tinju PON XX/2021 Papua, Alfred Kayoi. Dikatakan PB Pertina menyarankan agar round girls di pertandingan tinju PON XX/2021 Papua tampil memakai pakaian tradisional setempat.

Oleh karena itu, pihaknya menyiapkan lima orang round girls dari putri asli Papua di even olah raga nasional empat tahunan ini.

Masing-masing Norce Bonay, Trifena Apaseray, Adonia Inggirik, Marike Tukayo dan Aprilia Awinero. Bahkan Aprilia Awinero adalah mantan atlit tinju yang baru lulus di SMA Negeri Khusus Olahraga (SMANKOR), Buper, Waena. Sedangkan empat lainnya baru lulus SMA dan SMK.

Menurutnya round girls akan mengenakan pakaian tradisional, berupa topi burung cenderawasih, rumbai, wajah tangan dan kaki dicat warna putih dan hiasan tradisional lainnya.

“Kami sudah ajar dan tatar round girls, untuk menjalankan tugasnya dengan baik dan sempurna. Itu akan kita lakukan, karena menariknya sebuah pertandingan tinju ada di round girls,” tuturnya.