Jelang Penutupan, Ketum PWI Pusat Puji Pelaksanaan PON XX Papua
Foto : Virtual meeting Menpora RI, Zainudin Amali bersama PWI bertajuk "Evaluasi Pelaksanaan PON XX Papua 2021", Kamis (14/10/2021).

Jayapura, HanTer - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal Sembiring Depari memberikan pujian terhadap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang secara resmi dibuka pada tanggal 2-15 Oktober 2021. Menurutnya, hingga sehari sebelum upacara penutupan secara keseluruhan pelaksanaan PON berjalan dengan aman dan lancar. 

"PON XX Papua ini sukses luar biasa. Sampai hari ini PON berjalan dengan lancar. Meskipun ada kekurangan-kekurangan disana sini itu relatif kecil dan sudah dievaluasi dan diatasi KONI Pusat dengan PB PON," kata Atal dalam acara virtual meeting dengan Menpora RI, Zainudin Amali bersama para wartawan bertajuk "Evaluasi Pelaksanaan PON XX Papua 2021", Kamis (14/10). 

Bahkan kata dia, dalam pelaksanaan PON XX ini, sejumlah atlet dari cabang olahraga berhasil mencatatkan rekor nasional dan dunia. "Pertandingan-pertandingan ini saya monitor, semua berjalan lancar. Bahkan berhasil memecahkan rekor PON, nasional asia bahkan dunia. Saya kemarin dapat informasi dunia udah pecah rekor di sini Panjat Tebing ini kan luar biasa, semua dipecahkan di PON ini," tambahnya. 

Sementara itu, dari aspek keamanan berjalan dengan aman dan kondusif. Padahal, sebelumnya soal kamananan ini yang sangat diragukan masyarakat. "Kemudian selama saya beberapa hari di sana (Papua) saya merasakan gairah masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan pertandingan. Luar biasa tingginya," katanya. 

Disisi lain, kegiatan PON ini juga membawa dampak positif terhadap ekonomi masyarakat di Papua khususnya di Jayapura yang dinilai menggeliat luar biasa. "Sering sekali sampai jam 7 malam (WIT) restoran sudah habis makanannya, luar biasa, indikator begini bisa kita lihat. Jadi Papua yang semula kita ragukan melaksanakan PON, bahkan semuanya berlangsung dengan lancar, meriah dan sukses. Papua sudah sukses sebagai penyelenggara, sukses prestasi, sukses ekonomi dan sukses prokes," pujinya. 

Meski demikian, dia mengakui ada peroalan protokol kesehatan yang sempat muncul dengan adanya beberapa atlet yang positif COVID-19. Namun hal itu sudah tertangani dengan baik panitia. 

Oleh karena itu, dia juga mendorong agar ada kebijakan dari daerah-daerah untuk melakukan karantina kepada atlet setelah kembali dari Papua. "Jadi secara umum semua sudah berlangsung sukses. Saya berani mengatakan ini luar biasa sukses, ini di luar dugaan kita," jelasnya.

Sementara itu, Menpora Amali mengatakan kesuksesan PON XX ini berkat kerja sama semua kementerian terkait dan didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua, pihak kepolisian, TNI, serta  stakeholder lainnya. 

“Kita gotong royong sehingga ini bisa sukses, sekaligus memupus kekhawatiran orang selama ini yang muncul terkait pelaksanaan PON. Saya harap sukses prestasi, sukses pelaksanaan, sukses ekonomi, dan sukses penerapan protokol kesehatan bisa tercapai,” ujar Menpora Amali.