Menpora Amali Sebut PON XX Papua Ditutup Wapres Maruf Amin
Foto : Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin

Jayapura, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menyebut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 akan ditutup Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Penutupan ajang olahraga terbesar di Tanah Air ini akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, Jumat (15/10/2021). 

“Yang akan menutup PON Papua besok Bapak Wakil Presiden. Rencananya besok siang beliau tiba, dari sebelumnya melakukan kunjungan kerja dibeberapa tempat,” kata Menpora Amali di Stadion Mandala Jayapura, Kamis (14/10/2021). 

Menpora Amali menjelaskan, saat ini panitia tengah melakukan persiapan untuk menggelar acara penutupan PON. Diharap, kegiatan nantinya berjalan dengan lancar dan aman. “Persiapan sudah ya, dan sekarang lagi gladi. Mudah-mudahan lancar saat seperti pembukaan,” jelas Menpora Amali. 

Lebih lanjut, Menpora Amali menerangkan PON Papua sejauh ini berjalan dengan kondusif. Pemerintah mengharapkan kesuksesan sebagai penyelenggara, prestasi, ekonomi, dan protokol kesehatan bisa dipenuhi. 

“Ada beberapa kesuksesan, saya kira dari penyelenggaraannya lancar dan aman sesuai rencana serta tidak ada gangguan. Sukses prestasi, banyak rekor yang terpecahkan. Kemudian, sukses ekonomi. Kita lihat ekonomi disini menggeliat dan pertumbuhannya bagus. Prokes juga demikian,” jelas Menpora Amali. 

Kemudian, Menpora Amali juga memuji Provinsi Papua mampu menggelar PON XX. Sebab, sebelumnya muncul keraguan serta kekhawatiran jika PON digelar ditengah pandemi Covid-19. 

“Papua sudah membuktikan sampai hari ini lancar. Semoga penutupannya juga besok lancar. Ini benar-benar menjadi contoh dan pelajaran bagi kita melaksanakan event olahraga ditengah pandemi,” pungkas Menpora Amali.