Jabar Pertahankan Juara Umum PON, Papua Capai Target
Foto : Jawa Barat keluar sebagai yang tercepat dan berhak atas medali emas pada nomor lari 4x400 meter estafet putra PON XX di arena atletik MSC, Kamis (14/10/2021). Foto: Humas PPM/ Fernando Rahawarin

Jayapura, HanTer - Kontingen Jawa Barat sejak seminggu terakhir mulai memperlihatkan kekuatannya menyalip DKI Jakarta dan Jawa Timur pada perolehan medali PON XX Papua 2021, sehingga ketika semua pertandingan selesai berhasil mempertahankan predikat sebagai juara umum dengan mengoleksi total 353 medali, melalui 133 emas, 105 perak dan 115 perunggu.

DKI Jakarta yang terlibat persaingan sengit sampai detik-detik terakhir dengan Jawa Timur, akhirnya menempati peringkat kedua hanya dengan keunggulan tipis selisih medali perak dan perunggu.

DKI meraih 110 medali emas, 91 perak dan 100 perunggu, sementara Jatim yang berada di peringkat ketiga mengoleksi 110 emas, 89 perak dan 88 perunggu.

Tambahan medali emas untuk Jawa Barat yang semakin memperkokoh posisi di puncak, di antaranya diraih melalui cabang karate nomor kata beregu putri, angkat berat, renang, atletik, loncat indah dan angkat berat.

Sebelum mengunci gelar juara umum untuk kedua kalinya secara beruntun, kontingen Tanah Pasundan itu sempat bersaing ketat dengan dua daerah lain yang secara tradisional merupakan kekuatan utama di setiap penyelenggaraan PON, yaitu Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Bagi Jawa Barat, sukses menjadi juara umum merupakan yang kelima dan yang terakhir ketika menjadi tuan rumah 2016 lalu. Namun rekor kemenangan terbanyak masih dipegang oleh DKI Jakarta, yaitu 11 kali dan terakhir pada 2012 di Riau.

Sedangkan Jawa Timur baru dua kali menjadi juara umum, yaitu pada 2000 ketika menjadi tuan rumah dan pada 2008 di Kalimantan Timur.

Sepanjang sejarah PON, hanya empat daerah yang mendominasi juara umum, yakni DKI, Jabar, Jabar dan Jateng. Jateng tampil sebagai juara pada penyelenggaraan PON pertama pada 1948 saat masih diwakili oleh Keresidenan Surakarta.

Sementara itu, kontingen Papua berhasil mencapai target dalam perhelatan PON XX tahun 2021 ini. Target yang diusungnya adalah mampu berada di lima besar. Tuan rumah akhirnya finis di urutan keempat dengan mengoleksi total 261 medali, meliputi 93 emas, 66 perak dan 102 perunggu.

Diikuti oleh Bali yang berada di peringkat lima dengan mendapatkan 106 medali, antara lain 28 emas, 25 perak dan 53 perunggu.