Kapolda Papua Minta Masyarakat Nonton Penutupan PON XX dengan Aman dan Disiplin Prokes
Foto : Kembang Api Opening Ceremony PON XX PAPUA, Sabtu (02/10/2021) lalu

Jayapura, HanTer - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri memastikan bahwa masyarakat dapat menonton closing ceremony PON XX Tahun 2021 Papua dengan aman dan tertib yang akan berlangsung di Stadion Lukas Enembe, Kampung Harapan pada Jumat (15/10/2021).

“Untuk pengamanan besok saya sudah menyampaikan berulang kali bahwa PON di Papua milik masyarakat yang ada di atas Tanah Papua, sehingga telah buktikan saat pelaksanaan pembukaan PON ini akan dibuktikan juga pada saat penutupan,” kata Irjen Pol Mathius Fakhiri, usai final sepak bola di stadion Mandala Jayapura, Kamis (14/10/2021).

Dia mengatakan, aparat kepolisian sudah memperkuat semua kekuatan, sehingga apa yang pernah terjadi, seperti kemacetan saat pembukaan, dapat diurai, sehingga masyarakat bisa hadir. Apa yang disampaikan PB PON, seperti penerapan protokol kesehatan (prokes), sedianya diperhatikan bersama.  

“Saya minta tertib untuk nonton penutupan. Personil kita yang terlibat 1.675, yang di dalam. Itu di luar pengamanan yang digelar oleh Kodam karena ada Bapak Wakil Presiden dimana khusus Polri 1.675,” katanya. 

Sementara itu, Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua mengingatkan Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) XX Papua terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) dalam closing ceremony.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Papua Welliam R. Manderi di Jayapura, Kamis (14/10/2021), mengatakan, jangan sampai ada klaster baru penyebaran virus Corona jika hal ini tidak diingatkan. "Kami berharap kekurangan pada penyelenggaraan upacara pembukaan PON XX dapat ditutupi di closing ceremony," katanya.

Menurut Welliam, PB PON XX Papua juga diharapkan dapat lebih memperhatikan disiplin protokol kesehatan sehingga penyebaran Covid-19 dapat ditekan. "Satgas Covid-19 juga terus memantau kasus-kasus terkait Covid-19 yang terjadi selama pelaksanaan PON XX," ujarnya.

Pihaknya mengharapkan PB PON XX Papua terus memperhatikan terkait persyaratan masyarakat yang hendak mengikuti upacara penutupan iven olahraga empat tahunan tersebut. " Tes antigen hingga pemeriksaan vaksin baik tahap pertama maupun kedua memang harus diperhatikan," katanya lagi.

Dia berharap, pelaksanaan upacara penutupan PON XX dapat dilaksanakan dengan sukses dan lancar tanpa menimbulkan adanya temuan kasus Covid-19 yang baru.