Evaluasi PON XX Papua, Menpora Amali Berharap Pembinaan Olahraga Lebih Merata
Foto : Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali

Jakarta, HanTer - Pembinaan olahraga di Tanah Air akan semakin merata, seiring berlangsungnya penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON), di mana atlet bisa mengukir prestasi setelah didukung adanya fasilitas olahraga yang memadai di setiap daerahnya.

Hal tersebut menjadi harapan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali ketika mengevaluasi hasil pelaksanaan PON XX Papua 2021 dalam konferensi pers secara virtual dari Jayapura akhir pekan lalu.

“Pelaksanaan PON ini disebar (setiap provinsi) untuk pemerataan fasilitas olahraga di Indonesia. Dengan diselenggarakannya PON dan digilirnya tuan rumah, maka muncul bibit prestasi,” kata Menpora Amali.

Menurutnya, saat ini pemerataan atlet di setiap daerah sudah berimbang. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, namun ditandai dengan hadirnya atlet dalam skuat tim nasional dalam berbagai cabang olahraga.

“Saya kira pada tim nasional pada berbagai cabang olahraga sudah berimbang. Sudah muncul yang mengisi di masing-masing cabor. Pembinaan olahraga juga harus didukung dengan sport science di setiap daerahnya,” ujar Menpora Amali.

Pada pelaksanaan PON XX Papua 2021, Menpora Amali mengapresiasi kontingen tuan rumah yang berhasil menduduki peringkat empat dalam klasemen. Ini menandakan atlet Papua mampu bersaing dengan daerah lain, yang mana kontingen dari Pulau Jawa pada sebelumnya mendominasi lima besar.

“Kemunculan Papua sebagai peringkat empat ini luar biasa dengan segala upaya mereka. Mudah-mudahan ini menjadi tanda perbaikan sarana dan pembinaan di luar Pulau Jawa,” jelas Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali meminta setiap daerah fokus dalam cabang olahraga yang menjadi unggulan. Sehingga, dengan konsentrasi pembinaan cabang olahraga tersebut, maka konsisten meraih medali bisa terjaga.

Di sisi lain, Menteri asal partai Golkar itu juga memberikan apresiasi kepada awak media yang turut serta mensukseskan gelaran PON XX Papua 2021 ini. Menurutnya, para insan media telah memberikan dukungan yang luar biasa terhadap pelaksanaan PON ini.

"Saya mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada insan media, bagi saya bagian terpenting dalam kesuksesan PON ini adalah dukungan dari teman-teman media," ucap Menpora Amali.

Dengan laporan pemberitaan yang disajikan langsung oleh rekan media yang meliput di Papua, Menpora Amali mengatakan para kontingen memastikan sendiri apa yang terjadi di Papua, sehingga membuat para tamu dari berbagai daerah itu yakin jika penyelenggaraan PON XX Papua aman dan lancar, di mana sebelumnya muncul kekhawatiran, ketakutan, keraguan apakah pesta olahraga di Tanah Air ini bisa berlangsung dan apakah masyarakat Papua bisa menyelenggarakannya.

"Teman-teman jurnalis memberikan fakta sesungguhnya di lapangan, khususnya tentang situasi keamanan di Papua serta pelayanannya, sehingga membuat kekhawatiran, ketakutan, keraguan yang sebelumnya ada, makin berkurang dan akhirnya sirna menjelang pembukaan PON Papua yang dibuka oleh Bapak Presiden Joko Widodo, hingga berakhirnya pesta olahraga ini," pungkas Menpora Amali. Hermansyah