Guna Sukseskan DBON, Menpora Amali Berharap Terjadinya Sinergi antara Pemerintah Pusat dengan Daerah
Foto : Menpora Zainudin Amali saat mensosialisasikan DBON di Makassar

Makassar, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali melakukan sosialisasi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021 di Hotel Myko, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/11/2021), terkait Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON.

Sulawesi Selatan menjadi lokasi pertama dari sepuluh sentra pembibitan, pembinaan, hingga pengembangan keolahragaan nasional jangka panjang secara integrasi. 

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali menyampaikan latar belakang lahirnya DBON. Bermula saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2020 lalu, Presiden Joko Widodo menginginkan adanya review total terhadap ekosistem keolahragaan di Tanah Air. 

“Saya selalu mengulang untuk menyampaikan kenapa lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional atau DBON. Saya yakin ada yang belum pernah tahu sejarah awal lahirnya DBON ini,” kata Menpora Amali. 

Menpora Amali menerangkan, setelah mendapatkan arahan yang jelas dari Kepala Negara, pihaknya langsung berdiskusi bersama stakeholder olahraga, para akedemisi, praktisi, guru besar, serta pimpinan cabang olahraga.

“Setelah melakukan diskusi panjang, tepat setahun saat Haornas ke-38 lahir lah Perpres 86 tahun 2021 tentang desain besar olahraga nasional. DBON ini secara inti saya jelaskan bahwa kami diminta mereview total ekosistem keolahragaan nasional. Artinya pembinaan olahraga sebelumnya belum baik, belum sesuai arahan. Maka lahir lah Perpres ini,” ujar Menpora Amali. 

Untuk menyukseskan DBON, Menpora Amali mengharapkan sinergi antara pemerintah pusat dengan daerah. Sehingga, pembinaan olahraga berjalan dengan baik dan tercipta prestasi. Selain itu, Menpora Amali meminta Ikatan Sarjana Olahraga Indonesia (ISORI) juga ikut bagian dalam melakukan sosialisasi hingga tingkat daerah. 

“Kami harapkan sosialisasi Perpres dari bapak/ibu. Saya juga harap ISORI juga ikut berkontribusi karena ISORI bisa menjangkau hingga tingkat bawah. Ini pekerjaan kita bersama,” jelas Menpora Amali. 

Sementara itu, Plt. Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menyambut baik daerahnya masuk dalam salah satu lokasi sosialisasi dalam Perpres tentang desain besar olahraga nasional. 

“Terima kasih kepada Pak Menpora karena Sulawesi Selatan menjadi salah satu sentra dalam desain besar olahraga nasional ini. Kami senang dan bangga, kita siap untuk berkontribusi dan bersinergi dengan pemerintah pusat,” kata Andi.