Rossi Resmi Akhiri Karir, 'Grazie Vale' Menggema di Dunia
Foto : Valentino Rossi (MotoGP)

Valencia, HanTer - Adu balap MotoGP musim ini diwarnai beragam kejutan. Pertama, tentu saja lahirnya jawara baru, Fabio Quartararo. Rider berkebangsaan Prancis telah menyegel gelarnya pada akhir Oktober 2021, tepatnya dua seri sebelum musim berakhir di Valencia, Minggu (14/11/2021). 

Dan warna baru terlihat di akhir musim ini. Kali ini seluruh penjuru mata penggemar balap di seluruh dunia menyoroti tentang Valentino Rossi. Pebalap berkebangsaan Italia itu resmi menyudahi karirnya sebagai pebalap MotoGP. Seremoni perpisahan pun dilakukan di tanah Spanyol, Minggu (14/11/2021).

Ribuan penggemarnya memadati tribun penonton di sirkuit Ricardo Tormo dengan mengibarkan bendera '46'. Tak hanya itu, seremoni perpisahan turut dilakukan operator MotoGP terhadap legenda balap yang akhirnya memutuskan untuk mengakhiri karir tahun ini.

Bisa dikatakan sangat meriah dan penuh suka cita meski sedikit tetesan air mata terurai dari The Doctor, julukan Rossi. Segenap pebalap maupun tim lain pun turut serta mengucapkan salam perpisahan kepadanya. Tak hanya itu, seluruh lapisan pecinta balap, juga melakukan hal yang sama. 

Beragam media sosial penuh tentang kisah The Doctor. Di Twitter misalnya, kalimat #GrazieVale yang notabene merupakan salam perpisahan dengan arti 'Terima kasih Valentino Rossi' menjadi trending topic. 

Salam perpisahan tersebut tentu sangatlah wajar diterima Rossi. Sebab ia merupakan satu-satunya legenda yang tersisa hingga musim ini. Segudang prestasi termasuk meraih tujuh gelar dunia di MotoGP membuatnya sangat layak untuk masuk kedalam salah satu legenda balap sejagat. 

Bahkan, berkat performanya yang dimulai pada 2000, seakan marwah MotoGP kembali terdongkrak. Pasar adu balap kuda besi mulai diminati dan mengalahkan ajang balap lainnya sekelas Formula 1. Ada alasan lain mengapa ia akhirnya memutuskan pensiun musim ini.

Hal tersebut tak lepas setelah dirinya merasa generasi penerusnya mulai bisa mengimbangi pebalap lain, termasuk dia. Salah satu pebalap didikannya yang berpotensi menjadi pebalap hebat ialah Francesco 'Pecho' Bagnaia.

Pecho pun membuktikan kualitasnya dengan menjadi yang tercepat di GP Valencia. Purna balap, rider berpaspor Italia mendedikasikan kemenangan tersebut bagi Rossi selaku mentornya. 

"Ya, itu luar biasa! Satu-satunya cara yang mungkin untuk merayakannya adalah untuk menang dengan helm ini dan memiliki Vale [Rossi] di puncak podium bersama saya membuat saya sangat bahagia," kata Bagnaia dikutip Crash. 

“Tahun ini kami telah berkembang dan belajar banyak. Kami sangat kompetitif. Untuk tahun depan saya pikir kami sangat siap memulai musim. Tapi sekarang satu-satunya hal adalah merayakan Vale dan saya ingin berada di sana bersamanya. Vale bagi kami (pebalap akademi) adalah teman, kakak laki-laki dan dia banyak membantu kami setiap saat," pungkasnya.