Debut Manis Bersama Inggris, Bintang Muda Arsenal Banjir Pujian
Foto : Emile Smith Rowe

London, HanTer - Timnas Inggris mempertegas langkah mereka untuk menyegel tiket otomatis ke putaran final Piala Dunia 2022. Sikap tersebut diperlihatkan setelah tim asuhan Gareth Southgate menggunduli San Marino 0-10 pada pekan terakhir Grup I Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Serravalle, Selasa (16/11/2021).

Memang, dalam kemenangan besar tersebut Harry Kane menjadi bintang lapangan usai menyumbang empat gol bagi The Three Lions, julukan Inggris. Akan tetapi sorotan lain mengarah kepada Emile Smith Rowe yang sukses menjalankan debut manis bersama timnas senior mereka.

Rowe turut menyumbang satu gol bagi kemenangan Inggris ke gawang San Marino, tepatnya pada menit ke-58 yang membuat skuad Southgate memimpin sementara 0-7. Tentu saja gol tersebut terasa sangat istimewa bagi bintang muda Arsenal. 

Purna laga, pujian pun banjir mengarah kepadanya. Salah satunya dikatakan langsung sang mentor dan juga kapten The Three Lions, Harry Kane. "Smith Rowe memiliki musim yang fantastis sejauh ini, momen yang hebat untuknya karena bisa mendapatkan gol hari ini, dia punya kualitas nyata, kualitasnya tampak jelas," katanya.

Senada dikatakan sang pelatih, Gareth Southgate. Ia tak canggung memberi pujian pada Smith Rowe. Menurutnya, salah satu kemampuan spesial jebolan akademi Arsenal itu adalah bermain di ruang sempit dengan kontrol bola yang bagus.

"Saya rasa sepanjang minggu bersama kami benar-benar, Emile Smith Rowe telah memberikan banyak yang baik dari kami, kontrolnya yang lengket sangat bagus, dia inventif dengan permainannya. Smith Rowe harus melanjutkan apa yang dia lakukan saat ini," ucap Southgate.

Kini Smith Rowe telah diakui sebagai salah satu bakat besar yang dimiliki Inggris. Ia harus mulai mengambil tanggung jawab lebih besar, termasuk ketika bermain untuk Arsenal di Premier League. Akhir pekan nanti, Arsenal akan memainkan laga sengit yakni melawan Liverpool di Anfield Stadium.