Afghanistan 1-0 Indonesia; Garuda 'Kecolongan' di Menit Akhir
Foto : Pertandingan Indonesia vs Afghanistan (PSSI)

Antalya, HanTer - Ambisi untuk meraih hasil positif batal diwujudkan timnas Indonesia. Sebaliknya, skuad asuhan Shin Tae-yong justru mengalami kegagalan berupa kekalahan usai ditekuk Afghanistan 0-1 dalam laga uji coba yang berlangsung di Antalya, Turki, Selasa (16/11/2021) malam WIB.

Bermain ditempat netral dalam FIFA Match Day, skuad Garuda, julukan timnas Indonesia, dipaksa menyerah oleh lawan dengan skor tipis.Adapun gol yang berujung kekalahan terjadi di penghujung laga. Sehingga dikatakan timnas Indonesia kalah akibat gol 'kecolongan'.

Dimana gol tunggal Afghanistan dicetak Omid Popalzay pada menit ke-85 ketika tembakannya berhasil berbuah gol. Skor tersebut pun bertahan hingga laga bubar. Purna laga, Shin Tae-yong selaku juru taktik menuturkan banyak faktor terkait kekalahan yang dialami skuad Garuda. 

"Hasil yang sangat disayangkan. Berbicara taktik memang kurang sesuai dengan apa yang kami harapkan. Namun, pemain juga masih mengalami jetlag. Untuk pertandingan berikutnya melawan Myanmar kita harus meraih kemenangan," katanya. 

Sebagaimana diketahui, dalam laga tersebut menjadi pertandingan spesial bagi Elkan Baggott. Ini merupakan karir internasional pertama yang dijalani bersama skuad Garuda setelah resmi berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Ya, meski menuai kekalahan, setidaknya Baggott menjadi pusat perhatian dalam laga tersebut. Bek yang merumput bersama Ipswich Town  mampu tampil ciamik dalam mengawal lini belakang Timnas Indonesia bersama Fachruddin Aryanto. Dia adalah tembok yang tangguh dengan posturnya yang menjulang mencapai 194 cm.

Afghanistan muncul dengan gencar melakukan serangan lewat Farshad Noor, Fareed Sadat, Noor Husin, dan Faysal Shayesteh. Beruntung, jantung pertahanan Indonesia yang dikawal Elkan Baggott dan Fachruddin Aryanto masih sigap menghalaunya.

Beberapa kali pemain berdarah Inggris-Indonesia itu berhasil membuat penyerang lawan frustasi dengan penampilan apiknya. Dia tidak segan menutup ruang gerak hingga membuang bola saat lawan terlihat mulai masuk pertahanannya.

Sayang, Elkan Baggott tidak mampu menyelesaikan pertandingan hingga bubaran. Dia terpaksa ditarik keluar pada menit ke-70 karena mengalami cedera. Victor Igbonefo pun masuk menggantikannya dan menemani kerja Fachruddin Aryanto.

Keluarnya Baggott rupanya berdampak bagi pertahanan Indonesia. kesalahan dan kurang antisipasi membuat mereka terpaksa melihat lawan berhasil memasukkan bola ke gawang Riyandi. Ini sedikit banyak menunjukkan betapa Baggott berhasil menjadi ruh lini pertahanan Timnas Indonesia.