An Se-Young Juarai Daihatsu Indonesia Masters 2021 usai Tekuk Akane Yamaguchi
Foto : An Se-Young - PBSI

Jakarta, HanTer - An Se-Young, tunggal putri Korea Selatan, sukses menjuarai Daihatsu Indonesia Masters 2021 usai menundukkan wakil Jepang Akane Yamaguchi dengan skor 21-17, 21-19 dalam tempo 39 menit, saat berlangsung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Minggu (21/11/2021). 

Kemenangan ini membuat An yang merupakan unggulan keempat turnamen ini membayar lunas kekalahan dua kali beruntun dari unggulan pertama asal Jepang itu, yakni pada Prancis dan Denmark Terbuka lalu. 

Atas keberhasilan di Nusa Dua itu, An berhak atas uang hadiah sebesar 42.000 dolar AS dan Akane harus puas membawa pulang 20.409 dolar AS. "Saya senang sekali bisa menang dan tidak cedera hingga akhir. Sudah lama tidak naik podium," komentar An tentang kemenangannya. 

An mengaku, melawan Akane perlu strategi yang tepat, bahkan dia sudah mempersiapkan diri dengan mempelajari dari turnamen sebelumnya. "Saya belajar dari dua kekalahan sebelumnya. Kemenangan ini berkat saya mengetahui kekuatan dan kelemahannya," kata An. 

Saat bertanding, An sudah langsung mendominasi dan menekan Akane melalui permainan cepat serta penempatan shuttlecock akurat depan net. Strategi ini adalah untuk membuka celah kelemahan lawan. "Akane terlalu tangguh dalam bermain reli. Karena itu, saya hanya coba untuk menekan sejak awal," imbuhnya. 

Usai kemenangan ini, An ingin beristitahat sejenak sebelum bermain lagi di turnamen berikut di SimInvest Indonesia Open. "Saya mau istirahat supaya di turnamen berikut lebih bugar dan siap tampil," ujar pemain kelahiran Gwangju, 5 Februari 2002.