Formula 1; Mercedes Siapkan Mesin Mutakhir di Dua Seri Akhir
Foto : Mercedes (ilustrasi)

Doha, HanTer - Tak ingin posisi juara direbut Max Verstappen, Lewis Hamilton bakal mendapat dukungan maksimal dari konstruktornya, Mercedes. Pabrikan asal Jerman itu telah menyiapkan mesin terbaik guna melaju kecepatan serta akselerasi demi menyapu dua seri terakhir Formula 1 di Arab Saudi dan Abu Dhabi. 

Dikutip laman Crash, Senin (22/11/2021), mobil Hamilton akan dilengkapi dengan mesin terbaik seperti yang ia gunakan untuk menyelesaikan kemenangan comeback Brasil di Grand Prix Arab Saudi mendatang. Hal tersebut dikatakan bos Mercedes Formula 1 Toto Wolff.

Performa mesin Hamilton dan keunggulan kecepatan garis lurus yang superior selama kemenangan pertarungan baliknya yang menakjubkan di Brasil menarik perhatian rival Red Bull saat juara dunia tujuh kali itu menerobos lintasan.

Mercedes kembali ke V6 dengan spesifikasi lama akhir pekan ini saat Hamilton meraih kemenangan beruntun sekaligus untuk menutup celah dengan Max Verstappen dalam pertarungan kejuaraan dunia mereka. 

Dengan Mercedes berharap untuk tampil kuat di Jeddah, Arab Saudi - sirkuit jalanan baru yang didominasi oleh trek lurus panjang - Wolff menegaskan bahwa Hamilton akan sekali lagi menjalankan mesin paling terbaru.

“Saudi seharusnya menjadi trek yang bagus untuk kami. Kami tahu tahun ini ketika Anda berpikir itu bagus, itu bisa berbalik tetapi banyak lintasan lurus yang panjang," kata Wolff.

“Kami akan mengeluarkan mesin 'terpedas' kami saat berada di Arab Saudi yang tidak kami gunakan [di Qatar -red] dan semoga Valtteri Bottas ada di sana - kami membutuhkannya. Jika semua orang menyelesaikan balapan itu [perebutan gelar] maka selanjutnya kami menatap ke Abu Dhabi."

Saat ini Hamilton telah memangkas poin dengan Verstappen menjadi delapan poin tetapi Wolff menepis anggapan bahwa Mercedes mengendalikan perburuan gelar menuju dua balapan terakhir di Arab Saudi dan Abu Dhabi.

“Saya sangat menikmati perjalanannya karena sangat menyenangkan ketika itu sangat sulit, itulah mengapa kami berada di olahraga ini. Saya menikmati setiap menit. Saya pikir kami harus mendorong serangan maksimal. Kami harus mengejar, membuat beberapa poin dan inilah yang akan kami lakukan," tegas Wolff.

Sebagaimana diketahui, pada GP Qatar yang bergulir kemarin, Hamilton menguasai lintasan dengan menduduki podium utama. Kemudian disusul Max Verstappen yang finis di urutan kedua. Di podium tiga dihuni Fernando Alonso dari tim Alpine F1. 

KLASEMEN SEMENTARA (10 BESAR)
POS*PEBALAP*NEGARA*TIM*POIN

1*Max Verstappen*Belanda*Red Bull*351.50
2*Lewis Hamilton*Inggris*Mercedes*343.50
3*Valtteri Bottas*Finlandia*Mercedes*203.00
4*Sergio Perez*Meksiko*Red Bull*190.00
5*Lando Norris*Inggris*McLaren*153.00
6*Charles Leclerc*Monako*Ferrari*152.00
7*Carlos Sainz*Spanyol*Ferrari*145.50
8*Daniel Ricciardo*Australia*McLaren*105.00
9*Pierre Gasly*Prancis*AlphaTauri*92.00
10*Fernando Alonso*Spanyol*Alpine*77.00

KLASEMEN KONSTRUKTOR (5 BESAR)
POS*TIM*PABRIKAN*POIN

1*Mercedes*Jerman*546.5
2*Red Bull*Austria*541.5
3*Ferrari*Italia*297.5
4*McLaren*Inggris*258
5*Alpine*Prancis*137