Preview Barcelona vs Benfica; Uji Debut Xavi di Eropa
Foto : Xavi Hernandez (ist)

Catalan, HanTer - Kekalahan menyakitkan yang dialami Barcelona di tangan Benfica dengan skor telak 0-3 masih membekas dibenak para pemain. Pil pahit tersebut terjadi ketika kedua kesebelasan bentrok pada pekan ke-2 penyisihan Grup E Liga Champions di Estadio da Luz, Lisbon, akhir September lalu.

Saat itu, Barcelona luluh-lantak ditangan lawan ketika berada di era kepelatihan Ronald Koeman. Namun kini nuansa ruang ganti Blaugrana, julukan Barcelona, berbeda. Kehadiran Xavi Hernandez sebagai juru taktik baru diharapkan membawa angin segar untuk menuntaskan dendam mereka.

Kemenangan sangat diperlukan klub asal Catalan ketika berganti menyambut Benfica di Nou Camp, Rabu (24/11/2021) dini hari. Adapun hasil positif, selain menjaga kans ke fase gugur dan menuntaskan dendam, hal tersebut turut menjadi debut manis Xavi sebagai pelatih di pentas Eropa.

Bekal manis dimiliki Xavi setelah sang pelatih sukses memberikan kemenangan dalam debut pertamanya sebagai arsitek baru, yakni menghempaskan Espanyol 1-0 di pentas La Liga, akhir pekan lalu. Hasil tersebut otomatis dipastkan menambah semangat dan ambisi pasukan Catalan untuk menjaga tren positif di markas sendiri. 

Kekuatan terbaik tengah dipersiapkan entrenador (pelatih dalam bahasa Spanyol -red) untuk menerjang Benfica. Kabar baik bertambah menyusul kembali berlatihnya Sergino Dest bersama para kolega. Sebelumnya bek kanan tersebut diterpa cedera. 

Jika berhasil menang pada laga melawan Benfica, maka Gerard Pique dkk dipastikan tak akan terkejar oleh klub asal Portugal yang akan menghadapi Dynamo Kiev pada partai terakhir. Sedangkan Blaugrana akan melawan Bayern Munchen pada laga penutup grup E dua pekan mendatang.

Kendati demikian, Xavi menyadari perlu ada beberapa perbaikan yang harus ditingkatkan. "Yang paling saya sukai dari para pemain adalah sikap mereka. Tentu, ada hal-hal yang harus kami tingkatkan. Faktanya, ada banyak hal yang harus kami perbaiki," katanya.

Di pertandingan lain, ujian juga akan dilakoni Michael Carrick. Ia akan memulai tugas baru sebagai pelatih interim Manchester United (MU) di Liga Champions menggantikan peranan Ole Gunnar Solskjaer yang dipecat akhir pekan lalu. 

Terlebih ujian mereka jalani di markas Villarreal. Kedua kesebelasan akan bentrok pada pekan kelima grup F Liga Champions. Tensi dipastikan berlangsung tinggi pasalnya kedua kesebelasan saling baku hantam memperebutkan kemenangan demi memastikan posisi di puncak klasemen.

Adapun kesebelasan yang takluk di laga itu terancam lengser ke peringkat tiga. Dengan catatan di pertandingan lain Atalanta mampu menumbangkan Young Boys di tanah Swiss. Jarak antara Atalanta dengan Villarreal dan MU hanya selisih dua poin. 

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Rabu, 24 November 2021
WAKTU: 03.00 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Nou Camp