Kenang Menjadi Siswa di SMA 4 Manado, Menpora Amali Pernah Jadi Ketua OSIS
Foto : Menpora Zainudin Amali saat menyambangi SMA 4 Manado, di mana dirinya pernah mengenyam pendidikan di sekolah yang dibangun pada tahun 1978 itu.

Manado, HanTer - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengenang masa-masa awal ketika menjadi siswa SMA 4 Manado, di mana gedung sekolah itu dibangun sekitar tahun 1978, dan dirinya menjadi siswa awal dari salah satu sekolah unggulan di kota tersebut.

Mengenang masa lalu itu, kala Menpora Amali menyambangi sekolah yang terletak di Jl. Manguni 11, Manado, Sulawesi Utara, sebelum dirinya melakukan sosialisasi DBON di Kota Tinutuan itu, Rabu (24/11/2021).

Kehadiran Menpora Amali disambut Kepala Sekolah, Dr. Lilie N. Wuisan, M.Pd dan sejumlah guru dan para siswa. Hadir pula, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Utara dan pejabat setempat.

"Saya dan teman-teman menjadi siswa awal dari sekolah ini. Jadi bisa dibayangkan menjadi siswa di saat sekolahnya baru dibuka. Jadi pekerjaan-pekerjaan fisiknya banyak," kenang Menpora Amali.

Menpora Amali bercerita, kala itu dirinya mengambil jurusan IPA. Ia mengungkapkan bahwa salah satu bangunan tempatnya belajar tersebut berada di samping bukit dan kerap longsor saat musim hujan tiba. Longsoran yang masuk ke kelas tersebut dibersihkan oleh siswa yang melanggar kedisiplinan di sekolah.

"Yang membersihkan itu mereka yang melanggar. Misalnya, yang terlambat atau pelanggaran lainnya. Makanya kita kalau bulan Oktober, November dan Desember kita dispilin karena takut kena hukuman itu," bebernya yang diiringi tawa kecil. 

Jiwa kepemimpinan ternyata sudah melekat lama dari diri seorang Zainudin Amali. Pasalnya, saat mengenyam pendidikan di SMA 4 Manado itu, ia terpilih menjadi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). "Saya pernah menjadi Ketua OSISI, ya bisa dibayangkan bagaimana waktu itu dan sekolah belum banyak SMAnya," ungkapnya.