Nasib Barcelona ke 16 Besar Berada di Allianz Arena
Foto : Kekecewaan Memphis Depay

Catalan, HanTer - Ambisi balas dendam sekaligus mempercepat langkah untuk melangkah ke babak 16 besar gagal dilakukan Barcelona. Itu tak lepas setelah tim asuhan Xavi Hernandez ditahan imbang tanpa gol saat menjamu Benfica pada pekan kelima penyisihan grup E di Nou Camp, Rabu (24/11/2021).

Memang, hasil tersebut tak menggoyahkan posisi Barcelona di tangga klasemen. Mereka bertahan di urutan dua dibelakang Bayern Munich dengan mengemas tujuh angka dari lima laga yang telah dilalui. Akan tetapi, hal tersebut belum menggaransi pasukan Catalan untuk menyegel tiket ke babak 16 besar. 

Pasalnya posisi mereka masih rentan tergusur oleh Benfica yang duduk di urutan tiga. Dimana, kedua kesebelasan hanya terpaut dua angka. Dalam satu pertandingan tersisa, Benfica akan menjamu Dinamo Kiev di markas sendiri pada 9 Desember mendatang. 

Berstatus tuan rumah, The Eagles, julukan Benfica, cukup diunggulkan untuk meraih kemenangan. Lain cerita dengan Barcelona. Mereka harus melakoni laga hidup-mati di Allianz Arena menghadapi keperkasaan Bayern Munich pada tanggal yang sama. Bila kalah, maka skuad Xavi harus legowo tersisih di Liga Champions.

Purna laga, Xavi pun mengaku kecewa atas hasil imbang yang dipetik pasukannya. Padahal, jelas dia, secara keseluruhan Blaugrana, julukan Barcelona, mempunyai banyak peluang untuk memenangkan permainan. 

"Kami melewatkan peluang di sini, tetapi kami harus terus maju; ada peluang lain yang datang di Munich dan kami harus mengambilnya," kata pelatih yang baru saja didatangkan dari klub Qatar, Al Sadd, dikutip laman UEFA. 

Di lain sisi, pelatih Benfica Jorge Jesus berharap Barcelona terjungkal di Allianz Arena lantaran mereka percaya diri untuk menumbangkan Dynamo Kiev di markas sendiri. Bila skenario tersebut berjalan sesuai rencana, maka klub asal Portugal dipastikan akan mendampingi Munich ke babak 16 besar.