JAKARTA - Inggris mendominasi 11 tim yang telah memastikan lolos ke 16 besar Liga Champions 2020/2021. 

Tercatat empat tim Liga Premier Inggris melaju ke fase knock out sebagai juara grup dan runner up, yakni Chelsea, Liverpool, Manchester City dan Manchester United. 

Selanjutnya, Italia mengirim dua tim, yakni Juventus dan Inter Milan. 

Lima klub lain berasal dari Jerman (Bayern Munich), Belanda (Ajax Amsterdam), Prancis (PSG), Spanyol (Real Madrid) dan Portugal (Sporting Lisbon). 

Dua tim Inggris yang belakangan menyegel tiket 16 besar, Kamis (25/11/2021) adalah Liverpool dan Manchester City. 

Bermain di kandang, City yang sempat tertinggal lebih dulu akhirnya menang 2-1 atas PSG, wakil tangguh dari Prancis. Pasukan Guardiola ini pun keluar sebagai juara Grup A. 

Sedang Liverpool yang menjamu FC Porto mengalahkan tim Portugal itu dengan 2-0. Tim asuhan  Jurgen Klopp ini pun menjadi pemuncak klasmen Grup B 

Selain dua tim itu, dua wakil Inggris lebih dulu menyehel tiket 16 besar pada Rabu (24/11/2021) dini hari. Kedua klub adalah Manchester United (MU) dan Chelsea, sang juara bertahan. 

MU menjadi juara Grup F usai  menang di kadang Villarreal di Spanyol dengan 2-0. 

Sedang Chelsea berjaya di markas sendiri dengan menekuk jagoan Italia, Juventus dengan 4-0. Dalam kaga ketat itu, sejatinya Juventus telah meraih tiket fase knock out lebih dulu. Meski kalah, Juve tetap menjadi pemuncak klasmen Grup H sedang Chelsea runner up karena meski sama mengoleksi 12 angka namun Chelsea kalah dalam head to head. 

Empat tim lain yang melaju ke 16 besar adalah Real Madrid dari Spanyol dan Inter Milan, wakil Italia, yang juga memastikan langkahnya pada Kamis (25/11/2021) dini hari WIB. 

Madrid meraih kemenangan 3-0 atas Sheriff Tiraspol. Kemenangan mengantar klub Spanyol ini jadi juara Grup D. 

Sedang Inter Milan lolos sebagai runner up Grup D usai mengalahkan Shakhtar Donetsk dengan 2-0.

Dua tim yang juga melaju ke fase knock out adalah Ajax Amsterdam dan Sporting Lisbon. 

Ajax Amsterdam mengunci tiket 16 besar saat bertandang ke markas Borrusia Dortmund di Jerman pada matchaday keempat, Kamis (4/11/2021). Wakil Belanda ini memang 3-1 hingga nangkring di puncak klasmen Grup C. 

Sedang Sporting Lisbon melaju usai menyingkirkan Borrusia Dortmund dengan 3-1, Kamis (25/11/2021). Wakil Portugal ini pun menjadi runner up Grup C. 
(*/yp)