Liga Champions; Milan Beri Kejutan dan Jaga Peluang
Foto : Junior Messias

Madrid, HanTer - AC Milan membuka asa menjaga kans ke babak 16 besar. Itu tak lepas setelah tim asuhan pelatih Stefano Pioli mencuri tiga angka usai melumat Atletico Madrid 0-1 pada pekan kelima penyisihan Grup B Liga Champions di Wanda Metropolitano Stadium, Kamis (25/11/2021).

Sebelumnya Milan sempat diprediksi bakal menjadi salah satu klub yang tersingkir lebih awal di babak penyisihan grup setelah kemenangan tak kunjung menghampiri mereka. Akan tetapi, dalam dua pekan tersisa, mereka bertekad bangkit. Dan itu dibuktikan usai membekuk Atletico Madrid. 

Adalah Junior Messias yang menjadi pahlawan kemenangan Milan. Striker berkebangsaan Brasil mencetak satu-satunya gol bagi Rossoneri, julukan Milan. Hebatnya, eks bomber Crotone itu mencetak gol pada menit ke-87 setelah datang dari bangku cadangan.

Sebelumnya kedua kesebelasan bermain sama kuat. Alhasil untuk memecah kebuntuan beragam taktik termasuk bongkar pasang pemain dilakukan masing-masing pelatih. Baik Atletico maupun Milan sama-sama memasukkan lima pemain pengganti. 

Namun dalam proses itu, Stefano Pioli lebih beruntung lantaran tahap bongkar pasang pemain yang dilakukan berjalan efektif setelah Messias mencetak gol tunggal dalam laga itu. Messias sendiri masuk menggantikan peranan Rade Krunic pada menit ke-65. 

Purna laga, Messias pun tak bisa menyembunyikan kegembiraan setelah menjadi penentu kemenangan dan juga membuka kembali asa Milan melangkah ke babak 16 besar. Sebab, tiga angka membuat Rossoneri merangsek ke peringkat tiga. Mereka mendulang empat poin dari lima laga yang telah dilalui.

"Saya mendedikasikannya untuk keluarga dan teman-teman saya di Brasil, terutama kepada mereka yang percaya pada saya dan yang memiliki keyakinan untuk membawa saya ke Milan. Saya memiliki jalan yang berbeda dengan orang lain, jadi saya mendedikasikan gol ini untuk mereka," kata Messias.

"Ini adalah hal terpenting yang telah terjadi pada saya sejauh ini. Tapi kerendahan hati harus konstan. Anda tidak bisa menyalahkan diri sendiri tentang kritik atau terlalu bersemangat tentang pujian. Anda harus memiliki keseimbangan yang tepat," jelasnya menambahkan. 

Lain cerita dengan Atletico Madrid. Kekalahan membuat mereka terperosok ke dasar klasemen Grup B dengan angka yang sama, empat poin. Kendati demikian, mereka juga masih berpeluang melaju ke 16 besar. Pasalnya persaingan ketat masih tersaji di kelompok itu. 

Diluar Liverpool yang telah memastikan tiket ke fase gugur, persaingan untuk memburu satu slot, yakni status runner-up masih dikejar tiga klub lain. Ketiga klub tersebut ialah AC Milan, Atletico Madrid dan FC Porto. Porto bercokol di urutan dua dengan mengemas lima angka. 

BERIKUT KLUB YANG LOLOS
- Man City (Grup A)
- PSG (Grup A)
- Liverpool (Grup B)
- Ajax Amsterdam (Grup C)
- Sporting CP (Grup C)
- Real Madrid (Grup D)
- Inter Milan (Grup D)
- Bayern Munich (Grup E)
- Manchester United (Grup F)
- Chelsea (Grup H)
- Juventus (Grup H)