Hamilton Terpukau dengan Mesin Anyar Mercedes
Foto : Lewis Hamilton

Jeddah, HanTer - Jelang mengarungi dua seri terakhir, Mercedes nampaknya benar-benar serius untuk memberikan performa mesin terbaik mereka. Hal itu guna menjaga kans Lewis Hamilton mempertahankan gelar juara Formula 1 musim ini. 

Kesuksesan di Qatar pada seri sebelumnya dirasa tak cukup bagi Mercedes. Mereka ingin memiliki mesin yang lebih kencang serta akselerasi yang lebih baik pada dua seri tersisa yakni di GP Arab Saudi dan GP Abu Dhabi. Dimana, hal tersebut akan menjadi penentu juara atau tidaknya Hamilton.

Dikutip Motorsport, Kamis (25/11/2021), berbicara tentang pertarungan gelar, Hamilton mengatakan bahwa musim ini sangat sulit dalam hal membuka potensi penuh dari W12, sehingga  bisa memberikan semua yang ia inginkan.

Pembalap asal Inggris itu juga mengklaim bahwa W12 satu tingkat di atas mobil 2017 yang terkenal sulit dikalahkan, yang dijuluki Toto Wolff sebagai ‘diva’ asli. “Saya akan mengatakan bahwa saya lebih berkomitmen daripada sebelumnya,” kata Hamilton tentang kemajuan yang dibuat tahun ini.

Hamilton juga mengatakan minimnya waktu pengujian juga menjadi penyebab sulitnya menemukan setelan yang tepat pada W12. “Ketika Anda tidak mendapatkan mobil dengan setelan yang tepat, Anda hanya membatasi potensi Anda,” ujarnya.

“Jadi, saya tidak bisa memaksimalkan kemampuan saya melalui setelan yang tidak berada di tempat yang tepat, dan sangat, sangat sulit untuk menempatkannya di tempat yang tepat.

“Di Brasil saya mendapatkan mobil persis di tempat yang saya inginkan. Dan itu seperti benar-benar memukul paku di kepala. Tapi, itu seperti mungkin sekali atau dua kali kami melakukannya tahun ini.”

Pada awal F1 2021, Mercedes juga dihadapkan pada situasi rumit, di mana mereka harus beradaptasi ulang dengan aturan lantai mobil yang baru. Hamilton mengatakan bahwa kemampuan timnya untuk merespon tantangan yang ditimbulkan hilangnya downforce juga tidak terbantu oleh persyaratan homologasi.

“Secara keseluruhan, saya sangat senang dengan komitmen dan penampilan saya. Tetapi, saya akan mengatakan apa yang saya perhatikan tahun ini, faktanya adalah sangat, sangat sulit untuk menerapkan set-up yang tepat pada mobil itu," pungkasnya mengakhiri.