Kekalahan Fajar/Rian di Perempatfinal Indonesia Open 2021 karena Salah Strategi
Foto : Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto - Humas PBSI

Jakarta, HanTer - Karena salah strategi akhirnya membuat ganda putra tuan rumah, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus mengubur impiannya untuk tampil di semifinal turnamen bulutangkis Indonesia Open 2021, pasca ditaklukkan wakil Jepang, Akira Koga/Taichi Saito dengan skor 10-21, 21-13 dan 14-21 dalam waktu 70 menit.

Hasil dari laga yang berlangsung di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Jumat (26/11/2021) itu, membuat Fajar/Rian yang merupakan unggulan keempat itu gagal mengikuti langkah seniornya Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo lolos ke babak empat besar turnamen berhadiah total 850 ribu dolar AS itu. 

Selepas laga, Fajar/Rian mengaku mengaku tampil terburu-buru pada pertandingan kali ini. Keduanya terlihat kaget saat berhadapan dengan lawan yang memiliki pertahanan kuat tersebut.

"Alhamdulilah pertandingan berjalan lancar tanpa ada yang cedera. Pada pertandingan ini maindset kami terlalu tampil menyerang. Jadi saat bertemu dengan pasangan yang memiliki pertahanan solid, kami terburu-buru ingin mengakhiri pertandingan,” ungkap Rian.

“Pada pertandingan ini, kami kurang mengantisipasi pola permainan bertahan mereka, sehingga kami terburu-buru dalam menyerang. Hal itu merugikan kami karena menguras banyak tenaga,” tambah Fajar.

Sejatinya pasangan berperingkat kedelapan dunia itu bisa menemukan bentuk permainan terbaiknya pada gim kedua. Hanya karena pada gim terakhir stamina Fajar/Rian terlihat mengendur, mereka terlambat panas dan harus mengakhiri laga dengan kekalahan.  

“Pada gim kedua kami mencoba lebih tenang dan perlahan bisa. Namun kami yang sudah kalah stamina akhirnya kalah di gim ini setelah pada gim ketiga, kami mengawali pertandingan dengan kurang baik,” imbuh Fajar.