Ke Old Trafford, Rangnick Optimis Bawa MU Finis Empat Besar
Foto : Ralf Rangnick

Manchester, HanTer - Meski performa Manchester United (MU) dibawah komando Michael Carrick mulai menemukan kembali konsistensi, rupanya hal tersebut tak membuat petinggi klub mempertahankannya. Sebaliknya, mereka menaruh kepercayaan kepada Ralf Rangnick sebagai pelatih interim.

Rangnick akan bertugas menangani Setan Merah, julukan MU, dengan status sebagai pelatih sementara hingga akhir musim. Dengan demikian, kursi yang sebelumnya digenggam Carrick dilanjutkan kepada juru taktik berkebangsaan Jerman. 

Setelah resmi ke Old Trafford, dirinya belum bisa langsung bergabung memimpin sesi latihan Cristiano Ronaldo dan kolega. Sebab sang pelatih masih menyelesaikan proses administrasi berupa visa kerja ke Inggris. Alhasil, saat ini Carrick masih bekerja sambil menunggu penerusnya datang. 

Dikutip Daily Mail, Senin (29/11/2021), meski belum memimpin armada Old Trafford, dirinya optimis mampu menunaikan tugas yang dibebankan oleh para petinggi klub. Dimana, sang pelatih dituntut setidaknya mengantar MU finis di empat besar kompetisi Liga Inggris musim ini. 

Pelatih berusia 63 tahun itu telah meninggalkan perannya sebagai direktur olahraga dan pengembangan di Lokomotiv Moscow untuk menggantikan Ole Gunnar Solskjaer di United dengan kontrak enam bulan hingga akhir Mei.

Rangnick kemudian akan tinggal di Old Trafford dalam peran konsultan selama dua tahun, meskipun mungkin dia bisa mendapatkan pekerjaan manajer secara permanen jika hasilnya berjalan dengan baik.

United memilih Rangnick dari daftar lima kandidat pekan lalu tetapi telah menegosiasikan pembebasannya dari Lokomotiv sementara mantan bos Schalke, Hoffenheim dan Hanover mengajukan izin kerja.

Proses itu sedang berlangsung sehingga masih harus dilihat apakah Rangnick akan diturunkan untuk pertandingan melawan Arsenal pada tengah pekan ini di Old Trafford atau tidak.

Carrick, yang telah mempersembahkan kemenangan Liga Champions atas Villarreal dan hasil imbang Senin kemarin melawan pemimpin Liga Premier Chelsea, akan tetap bertanggung jawab jika Rangnick belum dapat segera bekerja.

Dapat dipahami bahwa tim ruang belakang Solskjaer - asisten Mike Phelan, pelatih Carrick dan Kieran McKenna, dan pelatih kiper Richard Hartis - semuanya akan tetap di United meskipun Rangnick akan membawa beberapa stafnya sendiri termasuk analis video tepercaya Lars Kornetka.

United bersikeras bahwa Rangnick selalu menjadi kandidat No 1 mereka dan dia terkesan selama wawancara dengan wakil ketua eksekutif Ed Woodward, direktur sepakbola, John Murtough – yang menghabiskan waktu bersama Rangnick ketika dia berada di RB Leipzig pada 2019 – dan direktur teknis Darren Fletcher. 

Mereka percaya pengalamannya selama empat dekade di sepakbola akan sangat berharga dalam membantu tim selama sisa musim dan kemudian memberi nasihat kepada klub selama dua tahun setelah itu.

“Manchester United dengan senang hati mengumumkan penunjukan Ralf Rangnick sebagai manajer sementara hingga akhir musim, tunduk pada persyaratan visa kerja. Setelah periode ini, Ralf dan klub telah sepakat bahwa ia akan melanjutkan peran konsultan selama dua tahun lagi," tulis pernyataan klub. 

"Michael Carrick akan tetap bertanggung jawab atas tim utama sampai visa kerja Ralf selesai. Klub ingin mengucapkan terima kasih kepada Lokomotiv Moscow atas kerjasama mereka dalam proses membawa Ralf ke Manchester United."

Sementara itu, Rangnick pun turut angkat bicara ihwal bergabungnya ke Old Trafford. “Saya senang bergabung dengan Manchester United dan fokus untuk menjadikan ini musim yang sukses bagi klub. Skuad ini penuh dengan talenta dan memiliki keseimbangan antara pemain muda dan pengalaman," katanya. 

“Semua upaya saya selama enam bulan ke depan akan membantu para pemain ini memenuhi potensi mereka, baik secara individu dan yang paling penting, sebagai sebuah tim. Selain itu, saya berharap dapat mendukung tujuan jangka panjang klub sebagai konsultan," jelas dia.