Red Bull Akui Mercedes Favorit di Sirkuit Jeddah
Foto : Christian Horner (ist)

Jeddah, HanTer - Jelang GP Arab Saudi pada akhir pekan nanti, Red Bull selaku rival terberat Mercedes untuk memenangkan gelar juara Formula 1 musim ini mengakui bahwa pabrikan asal Jerman lebih favorit memenangkan balap dibanding mereka. 

Hal tersebut diakui Christian Horner selaku kepala tim Principal Red Bull Racing. Dikutip laman Motorsport, Senin (29/11/2021), banyak alasan yang membuat Mercedes lebih difavoritkan memenangkan lomba. Pertama, yaitu mengenai karakter sirkuit di Jeddah yang lebih mengedepankan kecepatan.

Karakter Sirkuit Jeddah yang super kencang membuat beberapa tim, termasuk Red Bull khawatir. Layout juga nampak sangat cocok dengan kecepatan yang diperlihatkan Mercedes dalam beberapa balapan terakhir.

Jelas peningkatan pesat sang rival membuat Red Bull harus berjuang keras untuk menemukan set-up mobil RB16B yang tepat agar bisa mengimbangi kekuatan W12 milik Mercedes.

Saat ini, Max Verstappen sedang berjuang untuk mendapatkan gelar juara dunia, dan Red Bull juga tertinggal lima poin dari Mercedes pada klasemen konstruktor sementara.

Verstappen harus meraih kemenangan di GP Arab Saudi untuk memuluskan jalannya dalam memenangi titel, mengingat pembalap Belanda itu hanya unggul delapan poin atas Lewis Hamilton.

Tetapi, Horner menyadari bahwa merebut kemenangan akan menjadi tantangan berat bagi Red Bull. Pasalnya, karakter trek dalam dua balapan terakhir lebih cocok dengan Mercedes.

“Ini akan menjadi pertarugan ketat. Trek berikutnya jelas sangat menguntungkan bagi Mercedes. Kami tidak tahu seperti apa di Abu Dhabi dengan perubahan yang ada di sana," kata Horner.