Chelsea 1-1 Man United; Jorginho Jaga Reputasi
Foto : Jorginho (ist)

London, HanTer - Sempat membuat blunder atas gol pembuka Manchester United (MU), Jorginho akhirnya mampu menebus dosa dengan menyelamatkan Chelsea terhindar dari kekalahan. 

Itu tak lepas setelah gelandang berkebangsaan Italia mampu menyamakan skor menjadi 1-1 melalui tendangan penalti saat kedua kesebelasan bentrok pada pekan ke-13 kompetisi Premier League di Stamford Bridge Stadium, Senin (29/11/2021) dini hari WIB.

Sebelumnya kedua kesebelasan bermain sama kuat 0-0 di babak pertama. Meski keduanya acap jual beli serangan, namun tak ada gol yang diciptakan baik oleh Chelsea maupun Manchester United. 

Memasuki paruh kedua, tempo permainan cepat kembali diperlihatkan kedua kesebelasan. Chelsea yang berstatus sebagai tuan rumah coba tampil menekan guna memburu gol saat tampil dihadapan pendukung sendiri.

Lain cerita dengan Setan Merah, julukan MU. Klub asuhan pelatih Michael Carrick menerapkan skema serangan balik cepat. Dan rupanya taktik Carrick berhasil memberikan kejutan bagi tuan rumah. Mereka membuka keunggulan melalui aksi Jadon Sancho menit ke-50.

Gol Sancho datang ketika MU dalam keadaan terjepit. Pada akhirnya tekanan para pemain Chelsea berhasil di blok dan bola yang dihempaskan ke jantung pertahanan tuan rumah mampu dimaksimalkan sang pemain. Itu tak lepas lantaran Jorginho gagal mengontrol bola dengan sempurna sebagai orang terakhir di lini belakang Chelsea.

Hasilnya, MU unggul 0-1. Tertinggal satu gol, Chelsea makin gencar melakukan tekanan. Dan gol pun lahir melalui titik penalti ketika Thiago Silva dilanggar Wan Bissaka di kotak terlarang. Jorginho yang maju sebagai eksekutor mampu menyarangkan bola ke gawang Setan Merah pada menit ke-69. Skor 1-1.

Rupanya skor tersebut bertahan hingga laga bubar. Purna laga, hasil imbang membuat Thomas Tuchel selaku juru taktik Chelsea merasa senang. "Saya senang, benar-benar bahagia. Saya melihat upaya besar. Kami memberikan tekanan tinggi, kami berani dan berani," katanya dikutip BBC Sport.

Di lain sisi, Michael Carrick selaku pelatih interim Setan Merah justru mengaku kecewa atas hasil imbang tersebut. Kendati demikian, ia tetap memberikan pujian terhadap pasukannya yang tampil dengan determinasi tinggi. 

"Kecewa sebenarnya. Saya bangga dengan para pemain dan grup sepanjang minggu. Yang sulit situasi kami mencoba untuk membuat yang terbaik. Tapi ada sedikit perasaan pahit. Kami datang untuk memenangkan pertandingan. Sedikit kecewa, saya tidak bisa membohongi itu," ujarnya.

Kekecewaan tak lepas ketika Chelsea mendapat hadiah penalti. "Saya tidak berpikir itu penalti sama sekali. Mereka memiliki banyak tembakan. Tentu saja kami ingin menjadi lebih baik. Saya tidak terbawa suasana tetapi saya pikir kami bertahan dengan baik. Saya tidak bisa menyalahkan para pemain sedikit pun," pungkas dia.