Preview Everton vs Liverpool; Derby Panas di Tanah Merseyside
Foto : Virgil van Dijk dan Richarlison (ist)

Liverpool, HanTer - Pertandingan sengit tersaji tengah pekan ini. Dua klub sekota, yakni Everton dan Liverpool akan saling tikam memperebutkan kemenangan ketika keduanya berduel dalam derby Merseyside pada pekan ke-14 kompetisi Premier League di Goodison Park, Kamis (2/12/2021) dini hari WIB.

Memang, diatas kertas Liverpool cukup diunggulkan untuk meraih kemenangan. Itu berkaca dengan kualitas yang lebih baik dibanding Everton. Akan tetapi hal tersebut tidak akan menjadi jaminan. Sebab The Toffees, julukan Everton, bertekad menjaga reputasi dan harga diri dihadapan pendukung sendiri. 

Bahkan berbicara rekam jejak, Everton secara mengejutkan belum pernah takluk dalam tiga pertemuan terakhir melawan sang rival. Mereka mencatat dua hasil imbang serta satu kemenangan. Dan satu kemenangan pun dipetik saat bermain di Anfield Stadium pada Februari 2021.

Keuntungan lain bagi Everton ialah mereka memiliki pelatih yang secara mendasar mengetahui gaya permainan Liverpool, yakni Rafael Benitez. Juru taktik berkebangsaan Spanyol merupakan mantan pelatih Anfield Genk yang kini bertugas mengasuh klub rival. 

Memang, dalam tiga pertandingan terakhir di pentas Premier League, The Toffees dibawah komando Benitez sedang hilang konsistensi. Dimana, mereka mencatat satu kali imbang dan dua kekalahan. Terakhir, skuad Benitez ditekuk Brentford dengan skor tipis 1-0 di markas lawan pada 28 November lalu. 

Tekanan dan kritik mulai membanjiri sang juru taktik. Namun melawan Liverpool akan menjadi sebuah peluang bagi Benitez untuk memberikan jawaban. Tak ayal dirinya bertekad mempersembahkan kemenangan demi meredam beragam kritik yang datang kepadanya. 

"Kami membutuhkan hasil dalam derby dan jika kami bisa mendapatkannya melawan Liverpool, itu akan bagus untuk para penggemar dan kami bisa kembali dan berlari dengan kuat,” kata Benitez seperti dikutip Sky Sports, Selasa (30/11/2021).

“Saya belum pernah memainkan derby dengan para penggemar dan mereka akan sangat penting bagi kami. Ini tidak mudah bagi kami saat ini, tetapi kami membutuhkan mereka demi memperoleh hasil yang bagus pada tengah pekan ini."

“Kami tahu para penggemar menuntut lebih, dan itu normal. Anda bermain untuk Everton dan harus mendapatkan hasil. Saat ini tidak demikian. Setiap pemain harus menunjukkan lebih banyak karakter dan agresi dan mencapai hasil untuk membuat para penggemar senang," tegasnya. 

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Kamis, 2 Desember 2021
WAKTU: 03.15 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Goodison Park

PERTEMUAN KEDUA KLUB
22/06/2020*Everton*0 - 0*Liverpool
17/10/2020*Everton*2 - 2*Liverpool
21/02/2021*Liverpool*0 - 2*Everton