International Youth Champonship 2021; Ajang Bukti Indonesia Dimata Dunia
Foto : Jumpa pers International Youth Championship 2021 secara virtual (tangkapan layar)

Jakarta, HanTer - Kompetisi sepakbola junior bertaraf internasional dengan tajuk International Youth Championship (IYC) 2021 siap digelar di Bali dan Jakarta pada 4 hingga 11 Desember mendatang. 

Dalam gelaran itu, IYC 2021 akan diikuti tiga klub besar asal Spanyol seperti Real Madrid U-18, FC Barcelona U-18 dan Atletico Madrid U-18, serta Indonesia sebagai tuan rumah yang diwakili Indonesia All Star U-20. 

Gede Widiade selaku Chairman Pancoran Soccerfield menuturkan, ini merupakan acara kedua. Dimana pada acara pertama yang bergulir 2018 diikuti Real Madrid, Arsenal, Inter Milan dan Indonesia All Star. 

Ia menerangkan, dalam edisi keduanya, kehadiran IYC 2021 merupakan sebuah bentuk partisipasi dari swasta untuk menggencarkan program pembinaan sepakbola di usia muda. 

Selain itu, lanjut dia, gelaran IYC 2021 juga menjadi sebuah bukti kepada dunia, terutama Spanyol, bahwa Indonesia telah aman dalam menggelar event bertaraf internasional ditengah pandemi Covid-19.

"Perlu disampaikan bahwa tujuan mengadakan turnamen adalah untuk membantu program pemerintah dalam rangka 2 hal. 1 pembinaan sepakbola usia muda dan kedua membantu program pemerintah yang sedang in pada saatnya," kata dia dalam jumpa pers virtual, Rabu (1/12/2021).

Gelaran IYC 2021 sendiri akan dimulai dari fase grup yang digelar di Stadion I Wayan Dipta, Bali, pada 4-8 Desember 2021. Kemudian, partai final dan perebutan tempat ketiga akan dihelat di Jakarta International Stadium pada 11 Desember 2021.

IYC 2021 akan disiarkan di tiga televisi Free To Air (FTA) milik MNC Group yaitu RCTI, MNCTV dan INEWS. Di samping itu, IYC 2021 juga dapat disaksikan dalam platform media digital RCTI+ dan Vision+, serta juga di program Soccer Channel yang terdapat di MNC Vision. 

Seluruh pertandingan dari babak fase group hingga final akan disiarkan langsung. Selain seluruh pertandingan, pemirsa juga bakal disajikan tayangan soft launching JIS yang disiarkan secara langsung pada 11 Desember 2021 pukul 19.00 WIB.

"Turnamen bola ini sebetulnya buat kami sangat esensial berpartisipasi disana, tentunya dengan kondisi kemarin pandemi yang berjalan cukup lama banyak sekali kendala-kendalanya," ujar Dini Putri selaku Programming Director (Digital & Non Digital) PT. MNC Tbk ditempat yang sama

"Untuk kita MNC sebagai media group terbesar di Indonesia harus bisa men-support itu dan bersama-sama mensuarakan terutama ke dunia internasional bagaimana Indonesia sudah ikut sangat keras berjuang untuk menangani pandemi secara benar."

"Sebagai spiritnya memang kami dari MNC bekerjasama dengan pihak Pemprov dan partner-partner yang ada untuk menggelar sebuah event, yaitu Inernational Youth Championship 2021, yang nantinya juga sebagai salah satu bentuk untuk soft launching Jakarta International Stadium," pungkasnya.