Mundurnya Yeo Karena Cedera Menguntungkan Busanan di BWF World Tour Finals 2021
Foto : Yeo Jia Min

Jakarta, HanTer - Pebulutangkis putri asal Thailand, Busanan Ongbamrungphan tengah merenda peruntungan di Grup B tunggal putri turnamen bulutangkis BWF World Tour Finals 2021. 

Busanan tanpa menemui kesulitan menghentikan perlawanan pemain Singapura, Yeo Jia Min dengan skor 21-7 dan 15-9 (mundur) dalam tempo 31 menit di Bali International Convention Centre & Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Kamis (2/12/2021).

Kendati berada dalam satu grup dengan pebulutangkis papan atas Akane Yamaguchi (Jepang) dan An Se Young (Korea Selatan), Busanan ingin tampil maksimal. Sedangkan Yeo yang mundur karena cedera lutut kiri yang kambuh, harus tersingkir dari gelaran berhadiah total 1,5 juta dolar AS ini.

Sebelumnya, Rasmus Gemke dari Denmark dan Kento Momota asal Jepang juga mundur lantaran cedera. Yang terakhir, pasangan ganda putra Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India), juga mundur di hari Kamis ini. "Saya bermain lebih baik dari sebelumnya. Sayang saja Yeo harus mundur diri," ungkap Busanan seusai bertanding.

Dia mengaku sudah sejak awal melihat permainan lawan tidak pada performa terbaik. Hingga gim kedua, menurut Busanan, Yeo sudah tak lagi agresif dan cenderung melepas permainan net maupun drop shot darinya. "Saya turut prihatin dengan Yeo," imbuhnya.

Untuk laga lanjutan, Busanan mengakui bakal menemui jalan yang berat melawan Akane. Untuk itu dirinya ingin tampil maksimal dan tanpa beban. "Laga melawan Akane sangat berat, tapi saya mau tampil maksimal saja dan tanpa beban," ujar Busanan.

Sebelumnya, Busanan menelan kekalahan dari An Se Young di laga awal, Rabu (1/12). Dia memang memanfaatkan ajang ini untuk menambah pengalaman bermain melawan pemain kelas dunia. "Saya senang bisa bertanding dengan pemain papan atas. Ini menjadi pengalaman terbaik," ungkap Busanan.