Kejutan Para-Renang, Para-Atletik Lumbung Emas Indonesia di AYPG 2021 Bahrain
Foto :

Jakarta, HanTer - Prestasi luar biasa ditorehkan oleh para-renang Indonesia dalam Asian Youth Para Games 2021 yang kini sedang berlangsung di Bahrain. Satu medali emas, dua perak dan satu perunggu mampu disumbangkan oleh perenang-perenang muda tanah air dalam perlombaan yang diadakan di kolam renang Khalifa Sports City Stadium, Isa Town, Minggu (5/12/2021).

Keberhasilan para-renang merebut medali emas di AYPG 2021 sangat mengejutkan. Pasalnya, target awal para-renang hanya merebut medali perunggu. Namun saat perlombaan, atlet renang Indonesia justru tampil bagus sehingga bisa melampaui target awal yang ditetapkan.

Satu kepingan medali emas mampu direbut oleh perenang putri Mutiara Cantik Harsanto pada 100 meter gaya kupu-kupu S8-10. Mutiara finis tercepat dengan catatan waktu 1 menit 29,82 detik. Medali perak diraih oleh Yapa Basnayake dari Srilanka dan perunggu milik perenang Devanshi Satija dari India.

Tidak hanya menyumbangkan medali emas, Mutiara juga mampu meraih medali perak pada gaya bebas putri S1-10. Perenang berusia 17 tahun itu hanya kalah dari perenang Srilanka, Yapa Basnayake  yang finis terdepan sekaligus meraih medali emas. Perunggu diraih oleh Angel Mae Otom dari Filipina.

Perenang Gerry Pahker juga turut menyumbangkan medali perak pada 100 meter gaya bebas putra S1-10. Gerry finis kedua di belakang Danial Mohseniani dari Iran dan perunggu diraih oleh Suhan Park (Korea Selatan). Tambahan satu perunggu juga berasal dari Rahmad Tulloh dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra S8-10.

Keberhasilan renang merebut satu medali emas, dua perak dan satu perunggu merupakan prestasi sangat bagus dan sebuah kejutan bagi kontingen Indonesia.

"Awalnya kami hanya menargetkan satu medali perunggu dari para-renang, namun di luar dugaan atlet mampu meraih medali emas," ucap Dinda Ayu Sekartaji, pelatih para-renang.

"Semoga dengan keberhasilan ini bisa meningkatkan optimisme atlet lain untuk tampil lebih bagus guna menyumbang medali bagi Indonesia," tambah Dinda.

Pada hari terakhir AYPG 2021, sebanyak 11 nomor akan diikuti oleh atlet Indonesia. Hingga kini, para-renang telah menyumbangkan 2 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu.

Sementara itu dari para-atletik, juga mampu menyumbangkan medali emas. Satu emas dari berasal dari Ryan Arda Diarta dari lari 200 meter putra T44. Satu perak dari lari 200m putra T46-47 melalui Firza Faturahman Listianto dan satu medali perunggu juga dari Ryan Arda Diarta pada lompat jauh multi kelas T35-64.

"Saya sangat senang bisa merebut medali emas dan juga bisa lolos klasifikasi internasional," kata Ryan Arda Diarta, usai perlombaan.

Para-atletik merupakan salah satu cabor lumbung medali yang mampu menyumbangkan banyak medali emas bagi kontingen Merah-Putih di ajang AYPG 2021. Hingga kini, para-atletik telah merebut 4 medali emas, 4 perak dan 5 perunggu.