F1; Hamilton Menang, Perburuan Gelar Ditentukan di Abu Dhabi
Foto : Lewis Hamilton

Jeddah, HanTer - Persaingan panas antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen dalam meraih gelar juara adu balap Formula 1 2021 nampaknya baru akan ditentukan pada race terakhir yang berlangsung di Abu Dhabi, dua pekan mendatang.

Itu tak lepas lantaran keduanya memiliki jumlah poin yang sama, 369,5. Hamilton sebagai pebalap utama tim Mercedes berpeluang besar mempertahankan titel juara musim ini setelah tampil gemilang di GP Jeddah, Arab Saudi, Senin (6/12/2021).

Sedangkan Verstappen dari tim Red Bull Racing harus puas finis di urutan dua. Podium tiga diduduki Valtteri Bottas dari Mercedes. Meski persaingan menuju titel juara kian sengit, Verstappen mengaku kecewa atas hasil balap di Jeddah. Pasalnya, ia berpeluang untuk finis terdepan.

Namun, hal tersebut gagal setelah dirinya mendapat penalti pengurangan waktu selama 10 detik. Penalti tersebut diganjar kepadanya, dua kali. Pertama, ia dijatuhi sanksi lima detik karena mendapatkan keuntungan dengan melaju di luar trek ketika duel langsung dengan Hamilton di Tikungan 1. 

Penalti kedua pun menyusul setelah race berakhir. Itu bersumber akibat benturan mobil Hamilton dan Verstappen. Dalam kronologinya, pada lap ke-37, tepatnya di tikungan 27 Verstappen memperlambat laju mobil RB16B miliknya, atas instruksi dari tim untuk memberikan jalan kepada Hamilton, guna menghindari penalti.

Hamilton yang berada di belakangnya kaget, berusaha berbelok ke kiri untuk menghindar. Namun tabrakan tidak terhindarkan, sayap depan W12-nya rusak akibat menghantam mobil Verstappen.

"Banyak hal terjadi, yang tidak sepenuhnya saya setujui, tetapi memang begitulah adanya. Saya ingin membiarkannya lewat. Jadi, saya di kanan, tetapi dia tidak ingin menyalip dan kemudian kami bersentuhan. Saya tidak begitu mengerti apa yang terjadi di sana," kata Verstappen penuh kecewa.

KLASEMEN SEMENTARA (5 BESAR)
POS*PEBALAP*KEBANGSAAN*TIM*POIN

1*Max Verstappen*Belanda*Red Bull*369.5
2*Lewis Hamilton*Inggris*Mercedes*369.5
3*Valtteri Bottas*Finlandia*Mercedes*218
4*Sergio Perez*Meksiko*Red Bull*190
5*Charles Leclerc*Monako*Ferrari*158