Preview AC Milan vs Liverpool; Laga 'Hidup Mati' Rossoneri
Foto : Pertemuan kedua klub pada putaran pertama di Anfield (ilustrasi)

Milan, HanTer - Genting. Itulah yang ada dibenak para pemain Milan. Mereka akan menghadapi ujian berat dengan mengejar kemenangan saat menjamu Liverpool pada pekan terakhir penyisihan Grup B Liga Champions di Giuseppe Meazza, Rabu (8/12/2021) dini hari WIB.

Ya, kemenangan wajib dipetik Milan saat menjamu Liverpool. Hal itu akan menjaga peluang mereka untuk melaju ke babak delapan besar Liga Champions musim ini. Dengan catatan, dipertandingan lain FC Porto takluk atau setidaknya bermain imbang melawan Atletico Madrid pada waktu yang sama di Estadio Do Dragao.

Bila skenario tersebut berjalan manis, bukan tak mungkin Milan akan mendampingi Liverpool ke babak delapan besar dengan status runner-up Grup B. Lain cerita bila kalah. Peluang mereka kandas. Sedangkan hasil imbang juga tak cukup menolong skuad asuhan Stefano Pioli.

Namun, hasil imbang masih membuka kans Rossoneri, julukan Milan, tampil di benua biru dengan terlempar ke Liga Europa. Dengan catatan, Porto vs Atletico Madrid bermain imbang atau Porto mampu menekuk Los Rojiblancos, julukan Atletico Madrid.

Sulit memang untuk menilik siapa yang akan mendampingi Liverpool ke fase gugur. Pasalnya, ketiga kesebelasan seperti Milan, FC Porto maupun Atletico Madrid sama-sama masih memiliki peluang. Sehingga tak ayal tiga klub tersebut saling berambisi memenangkan permainan di pekan terakhir. 

Kebutuhan dalam memenangkan permainan membuat Pioli dipastikan akan mengerahkan kekuatan terbaik. Utamanya dengan menurunkan pemain yang mempunyai karakter menyerang guna menggempur pertahanan Liverpool. Sebab ada celah khusus bagi Rossoneri memetik kemenangan.

Celah tersebut diantaranya terhadap rongga lini tengah dan belakang Liverpool yang tidak diperkuat sejumlah pemain kunci. Dimana, Juergen Klopp selaku juru taktik The Reds, julukan Liverpool, mengistirahatkan beberapa pemain kunci, termasuk Virgil van Dijk. 

Selain diterpa jadwal yang cukup padat, mereka juga tak terlalu ambisius untuk mengejar kemenangan di Giuseppe Meazza lantaran telah berstatus sebagai juara Grup B. Tak ayal, itu menjadi sebuah celah keuntungan bagi Milan untuk mencetak gol dan memenangkan permainan. 

"Kami siap, para penggemar akan ada di sana untuk memotivasi kami. Ada banyak cara untuk melakukannya dengan baik. Kami harus kuat karena kami akan menghadapi tim yang bisa memenangkan Liga Champions," jelas Pioli dikutip laman Football Italia. 

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Rabu, 8 Desember 2021
WAKTU: 03.00 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Giuseppe Meazza

KLASEMEN SEMENTARA
POS*KLUB*MAIN*M*S*K*GM-GK*P

1*Liverpool*5*5*0*0*15-5*15    
2*Porto*5*1*2*2*3-8*5
3*AC Milan*5*1*1*3*5-7*4
4*Atlético Madrid*5*1*1*3*4-7*4