Preview Everton vs Arsenal; Pertaruhan Nasib Benitez?
Foto : Rafael Benitez (ist)

Liverpool, HanTer - Nasib Rafael Benitez sebagai juru taktik Everton digadangkan akan ditentukan pada pekan ini. Dimana, pelatih berpaspor Spanyol itu akan di uji saat Everton menjamu Arsenal pada pekan ke-15 kompetisi Premier League, Selasa (7/12/2021) dini hari WIB.

Itu tak lepas setelah The Toffees, julukan Everton, yang akan menjadi tuan rumah tengah dalam tren buruk. Richarlison dkk gagal menang di 7 laga terakhir Liga Inggris, dengan rincian 5 kalah dan 2 seri. Dalam periode tersebut, mereka juga tercatat kebobolan 17 gol dan hanya mencetak 4 gol.

Situasi ini membuat posisi Rafael Benitez terancam. Bukan tidak mungkin, pria asal Spanyol itu akan didepak jika kembali gagal meraih hasil baik saat berjumpa Arsenal. Meski demikian, mengalahkan Arsenal juga bukan tugas mudah. 

Pasalnya, meski baru saja menelan kekalahan 2-3 dari Manchester United, The Gunners superior saat bertemu tim-tim yg finis di luar 4 besar musim lalu. Dari 10 laga, Emile Smith Rowe dkk meraih 7 kemenangan, 2 seri, dan hanya 1 kali kalah. Satu-satunya kekalahan dari tim non 4 besar pun terjadi dari Brentford di awal musim.

Selain itu, kekalahan dari MU justru membuat Arsenal termotivasi untuk bangkit dengan cara mengalahkan Everton. Situasi ini seperti yang terjadi ketika The Gunners berhasil mengalahkan Norwich dan Newcastle, setelah sebelumnya dikalahkan Manchester City dan Liverpool.

Situasi inilah yang membuat laga Liga Inggris pada Selasa dini hari nanti jadi misi sulit bagi Rafael Benitez untuk mempertahankan pekerjaannya. Tak tertutup kemungkinan pertandingan ini menjadi laga terakhir bagi sang juru taktik.

Di sisi lain, Arsenal tetap perlu waspada. Pasalnya, dalam 5 pertemuan terakhir kedua tim, Everton lebih dominan dengan merebut 3 kemenangan, 1 seri, dan hanya 1 kali kalah.

Ya, masa depan Benitez digadangkan akan ditentukan pekan ini. Terlebih, saat ini manajemen klub asal Merseyside dilaporkan tengah mendekati pelatih AS Roma, Jose Mourinho. Mourinho sendiri memang belum mampu membawa Roma tampil apik. 

Bahkan pelatih asal Portugal itu malah sering terlibat kontroversi dengan wasit hingga para pemain. Dan pada pertandingan Sabtu malam kemarin di Serie A, Roma harus menahan malu setelah dipermak Inter Milan dengan skor 3-0 di Stadion Olimpico.

Kekalahan itu membuat Giallorossi terpaut 13 poin dari AC Milan di puncak klasemen dan berselisih 9 poin dari Atalanta di posisi 4 besar. Kendati demikian hal tersebut tak menyurutkan rencana manajemen untuk merombak lini kepelatihan, termasuk merekrut Mourinho dengan mendepak Benitez.

Chief Everton Bill Kenwright kabarnya telah melakukan pertemuan darurat pada Jumat kemarin setelah kekalahan 1-4 dari Liverpool untuk membahas masa depan Benitez. Sementara itu pemilik Everton Farhad Moshiri akan datang ke Goodison Park pada Senin malam, saat Everton menjamu Arsenal. 

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Selasa, 7 Desember 2021
WAKTU: 03.00 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Goodison Park