Bayern Munchen vs Barcelona; Pekan Krusial Blaugrana
Foto : Xavi Hernandez (ist)

Munich, HanTer - Barcelona dihadapkan dengan sebuah pekan krusial, terutama ketika dalam waktu dekat akan menghadapi Bayern Munchen pada match ke-6 penyisihan Grup E Liga Champions yang berlangsung di Allianz Arena, Kamis (9/12/2021) dini hari WIB.

Bertandang ke markas lawan, bayangan buruk menghantui Barcelona. Bisa dikatakan, mereka pesimis untuk mencuri kemenangan saat tampil menghadapi Bayern Munchen di Allianz Arena. Ditambah, kemenangan memang mereka perlukan untuk menjaga asa lolos ke babak 16 besar.

Pesimisme kian menguat lantaran Barcelona acap menuai kutukan kala menghadapi Bayern Munchen. Dimana, dalam tiga pertemuan terakhir yang telah dilakoni, Blaugrana selalu menelan kekalahan. Dan yang paling menyakitkan terjadi dalam dua pertemuan terakhir yang digelar di Nou Camp.

Pertama, petaka terjadi ketika Barcelona dipermalukan dengan skor 2-8 pada turnamen Liga Champions musim lalu, tepatnya 15 Agustus 2020. Kemudian, kutukan seolah melekat terhadap klub asal Catalan. Mereka kembali kalah dengan angka menyakitkan 0-3 pada putaran pertama, 15 September lalu.

Kendati demikian, Xavi mengaku tak gentar dengan rentetan hasil buruk yang dialami Barcelona di era pelatih sebelumnya. Menurutnya bola itu bundar dan mereka berpeluang untuk memberikan kejutan dengan memetik kemenangan di markas Munchen demi melangkah ke 16 besar.

"Tim akan pergi ke Munich dengan satu tujuan, menang. Itulah tujuannya. Kami bergantung pada diri kami sendiri. Kami akan pergi ke salah satu lapangan terberat di dunia. Akan tetapi, kami pergi ke sana untuk memberikan segalanya dan bersaing untuk lolos,” tegas Xavi dikutip ESPN. 

Sebagaimana diketahui, Barcelona wajib menang untuk menjaga kans ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup E. Pasalnya, Benfica masih berpotensi menyalip mereka di pertandingan terakhir melawan Dynamo Kiev. Terlebih, The Eagles, julukan Benfica, main di kandang sendiri. 

Baik Barcelona dan Benfica masih berpeluang melaju ke fase gugur. Saat ini Blaugrana bercokol di peringkat dua dengan mengemas tujuh poin. Sedangkan Benfica menguntit dibelakangnya dengan mengemas lima poin. Sementara Bayern Munchen sendiri dipastikan telah lolos dengan status juara grup.

Kemudian, Munchen juga tak tinggal diam. Mereka mempunyai ambisi lain saat menantang Barcelona. Itu tak lepas lantaran tim asuhan pelatih Julian Nagelsmann bertekad mempertahankan rekor kemenangan secara sempurna di penyisihan grup.

Penampilan Bayern Muenchen sangat fantastis. Mereka berhasil mencetak 19 gol dan hanya kebobolan tiga kali dari lima laga. Statistik itu menjadikan The Bavarian, julukan Munchen sebagai tim dengan selisih gol terbaik hingga matchday kelima fase grup Liga Champions musim ini.

JADWAL PERTANDINGAN
HARI/TGL: Kamis, 9 Desember 2021
WAKTU: 03.00 WIB
LIVE: -
TEMPAT: Allianz Arena

KLASEMEN SEMENTARA (Grup E)
POS*KLUB*MAIN*M*S*K*GM-GK*P

1*Bayern Munchen*5*5*0*0*19-3*15
2*Barcelona*5*2*1*2*2-6*7
3*Benfica*5*1*2*2*5-9*5
4*Dynamo Kiev*5*0*1*4*1-9*1