Tak Hanya Bulutangkis, Menpora Amali juga Bakal Berikan Apresiasi Kepada NPCI dan Angkat Besi
Foto : Menpora Zainudin Amali

Jakarta, HanTer - Menpora Zainudin Amali telah memutuskan untuk memberikan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah kepada cabang olahraga bulutangkis dalam hal ini tim Thomas Cup Indonesia yang berhasil membawa pulang kembali trophy ke Tanah Air sejak absen 19 tahun lamanya.

Ternyata tak hanya cabor bulutangkis yang akan mendapat apresiasi atau penghargaan dari pemerintah, namun berlaku pula kepada para atlet difabel yang tergabung dalam NPCI Junior yang dengan segala keterbatasannya mampu berprestasi sukses bertengger di urutan keempat pada ajang Asian Youth Para Games Bahrain 2021 dengan mengoleksi 12 emas, 11 perak dan 14 perunggu. 

Selain itu, apresiasi juga akan dikucurkan pemerintah ke cabor angkat besi yang mampu mengharumkan nama bangsa dan negara di pentas internasional.

Meski demikian, pemberian apresiasi itu akan langsung diberikan pemerintah kepada induk cabang olahraga. Hal tersebut pun berlaku untuk NPCI, di mana nantinya mereka yang akan mendistribusikan apresiasi tersebut kepada para atlet yang dianggap lebih mengetahui perannya masing-masing dalam mencapai prestasi tinggi tersebut.

"Kita perlakukan penghargaan itu sama. Bukan pemerintah tidak mau memberikan perhatian, namun kita harus hati-hati untuk mengeluarkan uang negara, apalagi sekarang di akhir tahun. ," ucap Menpora Zainudin Amali saat melakukan konferensi pers di Media Center Kemenpora, Rabu (8/12/2021).

"Saya harus hati-hati karena tata kelola keuangan di Kemenpora ini sudah mulai bagus, di mana dua tahun berturut-turut kita mendapatkan hasil WTP dari BPK, bahkan kedepannya kita pun berharap hasil yang sama, sehingga dengan demikian pengeluaran uang negara harus sesuai dengan aturan," tambah Menpora Amali.

Menteri asal partai Golkar itu pun memaparkan, terkait hal tersebut, pihaknya harus terlebih dulu berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan. "Kita koordinasi dengan Kemenkeu, mereka setuju kemudian kita keluarkan melalui juknis dan juklak. Pengelolaan ini bukan seperti kita beli apa-apa di warung, kita bawa duit, kita beli, barangnya dapat kita pulang, bukan seperti itu," ucapnya.

Terkait pelaksanaan pemberian apresiasi itu, Menpora Amali menyebut akan mengumpulkan mereka semua dalam satu hari, karena akan dibarengi dengan pemberian penghargaan Satya Lencana Olahraga dari Presiden Joko Widodo.